Aplikasi Gamebuntu Menjanjikan Membuat Game di Ubuntu Tidak Menyakitkan untuk Pendatang Baru


Meet Gamebuntu, aplikasi baru yang dibuat oleh pengelola distribusi Ubuntu Unity untuk membantu pendatang baru Linux membangun pengaturan Ubuntu siap-game di mesin game mereka.

Meskipun mungkin terdengar seperti distribusi berbasis Ubuntu baru, Gamebuntu sebenarnya adalah aplikasi sederhana yang secara otomatis menginstal banyak hal yang menurut penciptanya Rudra Saraswat diperlukan untuk pengaturan game yang lengkap dan berfungsi penuh di Ubuntu.

Aplikasi ini ditargetkan untuk mantan pengguna Windows (alias pendatang baru Linux) yang ingin beralih dari Windows ke Linux/Ubuntu dan melakukan beberapa permainan. Ini bekerja pada hampir semua rilis atau turunan Ubuntu yang didukung dan bertindak sebagai penginstal dan peluncur.

Saya telah menguji Gamebuntu pada rilis Ubuntu 22.04 LTS (Jammy Jellyfish) yang akan datang dan dengan satu klik mouse pada tombol “Instal” itu menginstal Steam , aplikasi screencasting dan streaming OBS Studio yang hebat, manajer game Lutris, alat manipulasi audio canggih PulseEffects, Wine untuk menginstal game dan aplikasi Windows, dan Heroic Launcher untuk bermain game di Epic store.

Aplikasi ini juga meningkatkan tumpukan grafis Mesa ke lebih versi terbaru dari PPA tidak resmi dan menginstal beberapa paket tambahan seperti mesa-utils, vulkan-tools dan libegl1:i386, itu mengalihkan kernel Linux ke kernel XanMod waktu-nyata, menginstal aplikasi peredam bising mikrofon waktu-nyata NoiseTorch, mengaktifkan klik -untuk meminimalkan di GNOME, dan juga menginstal pemutar media VLC, pusat media Kodi, dan aplikasi pemantauan MangoHud untuk gamers.
Gamebuntu di action
“Gamebuntu adalah aplikasi yang elps untuk menyiapkan lingkungan yang lengkap untuk bermain game di Ubuntu tanpa tweak lainnya,” kata Rudra Saraswat. “Ini ditujukan untuk pengguna baru yang berasal dari Windows yang ingin bermain game di Ubuntu.”

Selama instalasi awal, jendela terminal akan terbuka untuk menginstal dan mengatur semua hal yang telah saya sebutkan di atas. Jendela terminal akan secara otomatis menutup ketika selesai menginstal paket dan Anda benar-benar dapat memulai beberapa sesi permainan yang serius dengan meluncurkan aplikasi favorit Anda dari jendela Gamebuntu.

Aplikasi browser web seperti Twitch dan YouTube Studio akan diluncurkan langsung di jendela Gamebuntu, sementara hal-hal seperti Discord atau Xbox Game Pass akan terbuka di browser web default (misalnya Firefox). Aplikasi ini juga memiliki pintasan untuk Utilitas Perangkat Lunak dan Pembaruan Ubuntu jika Anda perlu menginstal driver tambahan yang diperlukan untuk perangkat keras Anda.

Jika Anda baru mengenal Ubuntu dan ingin bermain game serius, Anda harus mencoba Gamebuntu. Aplikasi ini tersedia untuk diunduh sebagai AppImage yang tidak memerlukan instalasi, serta aplikasi Snap yang dapat Anda instal dengan mudah dari Ubuntu Snap Store. Lihat juga kode sumbernya di GitLab.

Selamat bermain game!

Sumber: Google, 9to5linux.com

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: