Blender 3.0 Dirilis sebagai Pembaruan Besar-besaran dengan Banyak Fitur dan Peningkatan Baru


The Blender Foundation hari ini merilis Blender 3.0 sebagai versi stabil terbaru dari perangkat lunak grafis komputer 3D yang kuat, gratis, open-source, dan lintas platform untuk platform GNU/Linux, macOS, dan Windows.

Blender 3.0 adalah pembaruan besar-besaran yang memperkenalkan banyak hal baru fitur dan lusinan perangkat tambahan pada perangkat lunak pemodelan 3D. Satu perubahan besar dalam rilis ini adalah kenyataan bahwa Blender sekarang menggunakan grafis generasi berikutnya Vulkan dan menghitung API secara default untuk kinerja grafis yang lebih baik dengan konsumsi daya yang lebih rendah.

Perubahan besar lainnya dalam seri 3.x adalah penggantian modul BGL dengan modul GPU. Selain itu, Blender’s Cycles menerima perombakan besar yang mengarah pada peningkatan kinerja rendering GPU dan interaktivitas secara signifikan di Blender 3.0.

Rilis Blender baru menyegarkan tema default untuk merayakan seri 3.0, membuka file campuran yang menautkan ke ribuan atau lebih blok data dari perpustakaan yang sama lebih cepat, mendukung pemuatan file .blend terkompresi Zstandard, dan meningkatkan kinerja saat mengedit jerat besar.

Gaya visual panel telah diperbarui juga, dan ada banyak perubahan kecil pada antarmuka pengguna untuk ditawarkan Blender UI berkualitas tinggi dan konsisten, serta alur kerja yang seimbang di semua platform yang didukung.

Blender 3.0 juga menambahkan dukungan untuk 128 saluran ke Sequencer, memindahkan Panel Anotasi ke tab Tampilan baru di Editor Klip, menambahkan koreksi warna ASC CDL metode dan mode penimpaan transformasi, menambahkan opsi “Tepi Longgar” baru untuk membiarkan Anda menciutkan hanya tepi tanpa wajah yang terhubung, menambahkan dukungan untuk membalik sisi dalam dua mesh, dan ada beberapa peningkatan pada Knife Tool.

Untuk VR (Virtual Reality), rilis baru memperbarui add-on VR Scene Inspection dengan serangkaian fungsionalitas berbasis pengontrol VR baru, seperti kemampuan untuk memvisualisasikan pengontrol dan menavigasi jalan melalui adegan di VR menggunakan input pengontrol. Selain itu, kedalaman warna yang lebih tinggi sekarang digunakan untuk gambar yang ditampilkan VR, dan ada opsi sesi “Pelacakan Absolut” baru untuk melewati eye offsets.

Di antara perubahan penting lainnya, Blender 3.0 menghadirkan dukungan multi-bingkai ke operator Proyeksi Ulang dan Pindah ke Lapisan, menambahkan kemampuan untuk menyusun ulang daftar lapisan topeng, menambahkan dukungan untuk mengonversi Teks ke objek Pensil Gemuk, memperkenalkan opsi baru untuk menggunakan topeng selama render lapisan tampilan, dan menghadirkan pengubah Dot-dash baru untuk menghasilkan garis putus-putus dan menetapkan yang berbeda materi untuk segmen.

Blender 3.0 juga menyertakan editor baru bernama The Asset Browser, yang menjanjikan untuk mempermudah bekerja dengan aset yang dapat digunakan kembali. Mendukung beberapa jenis aset, termasuk Objects, Materials, Poses, dan Worlds.

Selain 100 node yang baru ditambahkan, Blender 3.0 memperluas node geometri dengan metode yang dirancang ulang untuk merancang grup node, serta sistem atribut baru dan berbagai node untuk berinteraksi dengan kurva, data, instance, teks, dll. Tentu saja, sebagian besar node yang ada menerima peningkatan.

Terakhir, Blender 3.0 menambahkan sistem koordinat yang stabil untuk pengomposisian menggunakan prinsip kanvas dan menambahkan dukungan untuk semua silikon utama produsen, termasuk AMD, Apple, Intel, dan Nvidia. Rincian lebih lanjut tentang perubahan yang disertakan dalam pembaruan besar-besaran ini tersedia di catatan rilis lengkap (dengan contoh).

Anda dapat mengunduh Blender 3.0 sekarang juga dari situs resminya sebagai biner arsip yang hanya perlu Anda ekstrak dalam folder untuk menjalankan Blender di distribusi GNU/Linux favorit Anda. Jika distro Anda mengirimkan Blender dalam repositorinya, Anda seharusnya dapat memperbarui dari rilis sebelumnya dalam beberapa hari mendatang.

Sumber: Google, 9to5linux.com

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: