Cara Menginstal Kernel Linux 5.15 di Ubuntu dan Linux Mint


Linux 5.15 LTS keluar jadi saya menulis tutorial ini untuk menunjukkan kepada Anda cara menginstal kernel ini pada distribusi Ubuntu atau Linux Mint Anda dalam beberapa langkah mudah. ​​

Linux kernel 5.15 dirilis pada Halloween, 31 Oktober 2021, dan membawa beberapa hal baru yang menarik fitur, seperti implementasi sistem file NTFS baru yang tidak mengharuskan Anda bergantung pada perangkat lunak pihak ketiga seperti NTFS-3G untuk sepenuhnya mengelola drive disk eksternal berformat NTFS.

Ini juga menghadirkan beberapa fitur baru untuk pengguna Btrfs dan XFS sistem file, dukungan untuk konsol Nintendo Wii, dukungan untuk multicast per-VLAN, server SMB dalam kernel, driver LAN nirkabel r8188eu Realtek baru untuk menggantikan driver rtl8188eu lama, dan banyak barang lainnya.

Yang terbaik dari semuanya, Linux 5.15 adalah Seri kernel LTS (Long-Term Support), didukung setidaknya selama dua tahun.

Dan sekarang untuk pertanyaan abadi… mengapa memutakhirkan kernel Linux Anda? Jika fitur yang disebutkan di atas tidak cukup baik bagi Anda untuk mengupgrade paket kernel dari distribusi GNU/Linux Anda, maka jangan lakukan itu.

Tetapi jika Anda memerlukan dukungan untuk perangkat keras yang ada atau baru yang didukung oleh kernel Linux 5.15, atau jika Anda mengalami masalah perangkat keras dengan versi kernel Anda saat ini, cobalah peringatan try.

Fair! Sebelum hal lain, harap perhatikan fakta bahwa kernel Linux 5.15 baru saja dirilis dan mungkin tidak didukung oleh semua perangkat lunak atau driver, seperti driver grafis NVIDIA berpemilik. Jadi jika Anda mengandalkan GPU NVIDIA Anda untuk bermain game atau apa pun, berhenti membaca dan tunggu hingga NVIDIA menambahkan dukungan untuk Linux 5.15.
Cara menginstal kernel Linux 5.15 di Ubuntu dan Linux Mint
Tutorial ini menggunakan arsip PPA kernel Ubuntu arus utama yang ditawarkan oleh pengembang Ubuntu . Paket kernel ini tidak ditandatangani, yang berarti paket tersebut tidak dapat diinstal pada sistem UEFI/Boot Aman jika Boot Aman diaktifkan. Oleh karena itu, Anda harus menonaktifkan Boot Aman terlebih dahulu untuk menginstal kernel Linux 5.15.

. Instalasi sangat mudah dan yang harus Anda lakukan adalah mengunduh rilis terbaru, yaitu kernel Linux 5.15 pada saat penulisan, di folder di Beranda Anda direktori. Di bawah ini adalah tautan unduhan langsung untuk sistem 64-bit, tetapi Anda juga dapat menginstal kernel Linux 5.15 pada ARM64, s390x, dan ppc64el systems.
https://kernel.ubuntu.com/~kernel-ppa/mainline/v5.15/ amd64/linux-image-unsigned-5.15.0-051500-generic_5.15.0-051500.202110312130_amd64.debhttps://kernel.ubuntu.com/~kernel-ppa/mainline/v5.15/amd64/linux-modules-5.15. 0-051500-generic_5.15.0-051500.202110312130_amd64.deb
Sekarang, Anda harus membuka jendela terminal di folder tempat Anda mengunduh paket kernel baru dengan mengklik kanan dan memilih opsi menu konteks “Buka di Terminal”. Pastikan Anda tidak memiliki paket DEB lain di folder itu yang diharapkan untuk keduanya, dan jalankan perintah berikut.
sudo dpkg -i *.deb
Ini akan menginstal kernel Linux 5.15, jadi tunggu sampai proses instalasi selesai dan kemudian reboot komputer Anda. Itu saja, Anda sekarang menjalankan Linux 5.15 LTS dan Anda dapat mulai menikmati fitur-fitur barunya.

Untuk meningkatkan ke rilis titik mendatang, seperti kernel Linux 5.15.1, 5.15.2, dll., periksa Arsip PPA Kernel Utama Ubuntu kapan saja Anda melihatnya dirilis upstream (saya selalu memposting pembaruan ini di Twitter).

Jika Anda ingin kernel Linux 5.15 dari sistem Anda, cukup hapus paket yang telah Anda instal menggunakan tutorial ini dengan perangkat lunak manajer paket grafis seperti setiap Synaptic Package Manager yang populer .

Sumber: Google, 9to5linux.com

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: