Clonezilla Live 2.8 Disk Kloning/Alat Pencitraan Dirilis dengan Kernel Linux 5.14, Lebih Banyak


DRBL/Clonezilla developer Steven Shiau hari ini mengumumkan rilis dan ketersediaan umum Clonezilla Live 2.8 sebagai rilis stabil terbaru dari solusi langsung berbasis Debian ini untuk kloning/imaging disk.

Segera hadir tiga bulan setelah rilis Clonezilla Live 2.7.3 dan lebih dari satu setahun setelah seri Clonezilla Live 2.7, Clonezilla Live 2.8 hadir sebagai pembaruan sederhana yang mengubah kernel dari Linux 5.10 LTS ke seri Linux 5.14 yang lebih baru, yang tidak lagi didukung upstream.

Linux kernel 5.14.6 disertakan dalam Clonezilla Live 2.8 terutama untuk memberikan dukungan perangkat keras yang lebih baik kepada pengguna, tetapi tidak akan ada pembaruan lebih lanjut yang dirilis ke cabang kernel ini, setidaknya tidak upstream.

Di atas versi kernel Linux yang baru, Clonezilla Live 2.8 menambahkan mekanisme cache baru untuk mempercepat perangkat pemindaian, meningkatkan pemulihan gambar dengan efi-nvram.dat dan menambahkan dukungan untuk memproses beberapa entri boot di update-efi-nvram-boot-entry, dan memungkinkan im yang dicadangkan nama usia yang akan digunakan dalam UI berbasis teks.

Selanjutnya, rilis ini meningkatkan program ocs-live-netcfg untuk memungkinkan pengguna mengonfigurasi nirkabel menggunakan alat nmtui dan memungkinkan untuk menetapkan parameter boot ocs_nic_type sebagai kabel atau nirkabel saat mengonfigurasi jaringan, menekan pesan kesalahan tentang “setterm -blank 0”, dan memperbarui beberapa terjemahan bahasa.

Di bawah tenda, rilis Clonezilla Live 2.8 sepenuhnya disinkronkan dengan repositori Debian Sid (Tidak Stabil) pada 17 November 2021, dan datang dengan Partclone 0.3.18 partisi clone and restore tool dan ezio 1.2.0 rapid server disk image cloning/deployment tool.

Juga ditambahkan dalam rilis ini adalah opsi “-j2” yang hilang dalam mode recovery-iso-zip, dukungan untuk menampilkan opsi “-z9p” di menu simpan untuk mode pemula, menambahkan dukungan untuk memproses dev dengan /dev/mapper dalam fungsi get_not_busy_disks_or_parts, dan meningkatkan pencarian jalur media langsung dari parameter boot.

Anda dapat n unduh Clonezilla Live 2.8 sekarang juga dari situs web resmi sebagai gambar ISO langsung untuk arsitektur 64-bit dan 32-bit (termasuk PAE) yang boot dan dijalankan sepenuhnya dari USB flash drive. Edisi Alternatif berdasarkan distribusi Ubuntu 21.10 (Impish Indri) juga tersedia untuk diunduh.
Download Clonezilla 2.8.0-27

Sumber: Google, 9to5linux.com

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: