Collabora Membawa Boot Multi GPU Bebas Flicker dan Decoder Rockchip H.264 ke Linux 5.15


Firma konsultan Open Source Collabora telah berbagi dengan 9to5Linux rincian tentang kontribusi mereka pada seri kernel Linux 5.15 yang baru dirilis. Kernel

Linux 5.15 tiba di Halloween dengan banyak fitur baru yang hebat, seperti implementasi sistem file NTFS baru yang disumbangkan oleh Parangon Software untuk akhirnya menyediakan Pengguna Linux dengan dukungan NTFS yang berfungsi penuh, penguncian preemption waktu nyata, server SMB3 dalam kernel, serta DAMON (Monitor Akses Data).

Linux 5.15 juga menghadirkan dukungan integritas file fs-verity ke sistem file Btrfs, dukungan penjadwalan untuk sistem ARM asimetris , dukungan data out-of-band untuk soket domain Unix, dukungan untuk tahun 2038 ke sistem file XFS, dukungan untuk konsol Nintendo Wii, dan banyak barang lainnya.

Di atas semua itu, Linux 5.15 adalah LTS (Long- Dukungan Jangka) cabang kernel, yang akan didukung setidaknya selama beberapa tahun. Seperti biasa, Collabora telah membuat beberapa kontribusi penting sendiri untuk seri kernel Linux 5.15 LTS.

Ini termasuk dukungan untuk memperbarui firmware mikrokontroler NXP K20 yang terhubung melalui antarmuka EzPort, dukungan untuk decoding video 1080p pada 100 FPS di Rockchip SoCs (misalnya RK3326 , PX30, dan RK3328) melalui dekoder H.264, serta boot bebas kedip pada sistem multi-GPU dengan GPU Intel terintegrasi.

“Ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan, tetapi ini menghindari kedipan jika tampilan Anda terhubung ke GPU non Intel – kasus umum di mana laptop dual-GPU terhubung ke monitor eksternal,” kata insinyur perangkat lunak Collabora Sebastian Reichel.

Selain itu, insinyur Collabora meningkatkan driver grafis Panfrost mereka dengan menerapkan dukungan untuk mengirimkan pekerjaan kedua ke perangkat keras selama pelaksanaan pekerjaan pertama dan memperbaiki beberapa kode penguncian yang salah yang menyebabkan perilaku tidak terdefinisi, memperbaiki buffer overflow di driver perangkat U2F Zero HID, dan nomor dokumentasi yang diperbarui.

In, pengembang kernel Linux Collabora membuat 50 tambalan, melakukan 53 tambalan, menandatangani 26 tambalan, menambahkan 26 tambalan atas nama orang lain, meninjau 23 tambalan, menerima 9 tambalan, menguji 3 tambalan, dan melaporkan 1 tambalan. Untuk detail lebih lanjut tentang kontribusi Collabora ke kernel Linux 5.15, lihat posting blog mereka.

Kredit gambar: Collabora

Sumber: Google, 9to5linux.com

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: