Darktable 3.6.1 Editor Gambar RAW Sumber Terbuka Meningkatkan Dukungan Kamera, Memperbaiki Bug


Darktable 3.6.1 telah dirilis hari ini sebagai pembaruan pemeliharaan pertama untuk seri Darktable 3.6 dari editor gambar RAW open-source, lintas platform, dan gratis yang kuat dan unik ini.

Dirilis pada awal Juli, Darktable 3.6 tiba sebagai rilis utama yang diperkenalkan banyak fitur dan peningkatan baru, dan sekarang, Darktable 3.6.1 hadir sebagai rilis poin pertama untuk memperbaiki beberapa masalah buruk dan juga menambahkan dukungan untuk kamera digital baru.

Pertama, Darktable 3.6.1 menambahkan dukungan dasar untuk Leica C-Lux ( 3:2), Nikon D6 (kompresi 12-bit, kompresi 12-bit, kompresi 14-bit, dan kompresi 14-bit), Nikon Z fc (kompresi 12-bit dan kompresi 14-bit), Sony Alpha 7R III ( ILCE-7RM3A), dan kamera Sony Alpha 7R IV (ILCE-7RM4A). Kedua, memperkenalkan profil kebisingan untuk kamera Ricoh GR III.

Sebagai perbaikan bug, rilis ini meningkatkan konsistensi antara jalur CPU dan GPU dalam modul kalibrasi warna, mengatasi masalah UI kecil dalam modul duplikat, meningkatkan perluasan modul fungsi pada panel akses cepat saat mengaktifkan atau menonaktifkan modul, dan menambal kerusakan yang mungkin terjadi pada modul kalibrasi warna.

Juga diperbaiki adalah masalah yang mungkin ditemukan dalam kode non-linear OpenCL Bradford dalam fungsi kalibrasi warna, yang dapat menyebabkan warna yang ditampilkan salah, kerusakan yang terjadi saat mengganti nama topeng yang digambar, masalah yang memengaruhi rendering tooltip pemilih warna, serta variabel nama file yang digunakan saat mengimpor gambar baru dan beberapa kebocoran memori.

Terakhir, Darktable 3.6 .1 mengatasi kemungkinan masalah di pustaka Exiv2 yang dapat terjadi saat mencoba menulis string kosong dan memperbaiki tombol skala menurut dalam modul ekspor. Untuk detail lebih lanjut, Anda dapat melihat log perubahan lengkap di halaman GitHub proyek, dari mana Anda juga dapat mengunduh tarball sumber. Paket Flatpak akan segera diperbarui di Flathub.

Sumber: Google, 9to5linux.com

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: