Deepin Linux 20.3 Keluar sebagai Salah Satu Distro Pertama yang Didukung oleh Kernel Linux 5.15 LTS


Komunitas Deepin Linux hari ini mengumumkan rilis Deepin Linux 20.3 sebagai salah satu distribusi GNU/Linux pertama yang didukung oleh seri kernel Linux 5.`15 LTS terbaru dan terhebat.

Deepin Linux 20.3 hadir hampir dua bulan setelah Deepin Linux 20.2. 4 dan itu meningkatkan kernel stabil ke Linux 5.15, menghadirkan fitur-fitur pengguna seperti implementasi sistem file NTFS yang benar-benar baru dan berfungsi penuh, dukungan untuk prosesor Intel Generasi ke-12, server SMB dalam kernel, penguncian preemption waktu nyata, dan banyak barang lainnya.

Ini menjadikan Deepin sebagai distribusi GNU/Linux pertama (pada saat penulisan) yang menawarkan kernel Linux 5.15 dalam citra instalasinya. Namun, karena Deepin Linux menawarkan fitur dual-kernel, kernel Linux 5.10 LTS disimpan sebagai kernel default dalam rilis ini, jadi jika Anda ingin menginstal distro dengan kernel Linux 5.15, yang juga merupakan LTS (Long-Term Support) cabang, Anda harus pergi ke Opsi Lanjutan di menu boot.

Selain kernel Linux 5.15 LTS, Deepin Linux 20.3 memperbarui aplikasi Album untuk memberi pengguna pilihan kumpulan foto yang lebih baik, peningkatan interaksi fungsi utama, baru tombol untuk tindakan cepat, kemampuan untuk mengimpor, melihat pratinjau, dan mencari video, serta dukungan untuk menampilkan jumlah foto dan video secara terpisah di bilah status.

Yang juga diperbarui dalam rilis ini adalah aplikasi Screen Capture, yang kini memungkinkan pengguna mengambil scroll-shot panjang alih-alih situs web, misalnya, serta aplikasi File Manager, yang sekarang menunjukkan share Samba yang dipasang secara permanen di panel kiri dan halaman Komputer, yang akhirnya dapat diakses menggunakan tombol Backspace, menambahkan dukungan untuk warna T o tab saat ini, dan memungkinkan Anda mengurutkan ulang kolom dalam tampilan daftar dengan menyeretnya.

Selanjutnya, aplikasi Film menerima pengaturan decoding baru, antarmuka informasi video, dan dukungan untuk GPU NVIDIA melalui FFmpeg, aplikasi Musik sekarang menampilkan “Tambahkan Musik” di daftar putar kosong dan memungkinkan pengguna menambahkan musik menggunakan menu konteks daftar putar, aplikasi Draw sekarang menawarkan pengaturan dimensi untuk gambar yang diekspor, dan aplikasi Catatan Suara sekarang memungkinkan Anda menyesuaikan urutan catatan Anda, serta untuk tampilkan/sembunyikan panel notebook.

Selain berbagai pengoptimalan kinerja untuk fungsionalitas Dock dan Bluetooth, Deepind Destkop Environment (DDE) menerima pintasan keyboard baru untuk fitur Pencarian Global, yang kini juga mendukung pencarian file penurunan harga. Selain itu, Deepin Linux sekarang mendukung decoding perangkat keras 2K dari chip OLAND.

Tentu saja, banyak bug telah diperbaiki, jadi Anda harus mempelajari changelog lengkap di halaman pengumuman rilis untuk detail lebih lanjut tentang itu. Juga di sana, Anda akan dapat mengunduh rilis Deepin Linux 20.3 sebagai gambar instalasi yang harus Anda instal di PC Anda karena tidak ada sesi langsung yang disediakan.
Download Deepin Linux 20.3

Sumber: Google, 9to5linux.com

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: