Desktop GNOME 41 Mendarat di openSUSE Tumbleweed, KDE Plasma 5.23 Segera Hadir


Dominique Leuenberger hari ini menerbitkan ulasan singkat tentang apa yang mendarat di repositori perangkat lunak dari distribusi rilis bergulir openSUSE Tumbleweed dalam dua minggu terakhir, termasuk lingkungan desktop GNOME 41 terbaru.

Seri lingkungan desktop GNOME 41 dirilis pada akhir September 2021 , dan perlahan-lahan masuk ke repositori perangkat lunak yang stabil dari berbagai distribusi rilis bergulir. Itu masih belum tiba untuk pengguna Arch Linux, tetapi mendarat di openSUSE Tumbleweed.

GNOME 41 bukan rilis besar seperti GNOME 40, tetapi membawa beberapa fitur menarik yang mungkin menarik bagi penggemar lingkungan desktop. Misalnya, ada panel pengaturan Jaringan Seluler baru untuk menyiapkan koneksi seluler 2G, 3G, 4G, dan GSM/LTE, dan aplikasi Koneksi baru untuk koneksi desktop jarak jauh.

Ini juga memperkenalkan dukungan awal bagi aplikasi untuk meminta mode daya tertentu, dan sekarang ada profil kekuatan baru di Pusat Kontrol GNOME yang disebut mode Performa, yang mungkin berguna saat bermain game. Selain itu, GNOME 41 menambahkan panel pengaturan Multitasking baru untuk mengontrol berbagai opsi multitasking.

Jika Anda tidak bisa menunggu lebih lama lagi untuk GNOME 41 tiba di repositori perangkat lunak distro favorit Anda dan Anda ingin menggunakannya sekarang, Anda dapat mengunduh dan instal snapshot ISO OpenSUSE Tumbleweed Live GNOME terbaru dari sini.

Tetapi GNOME 41 tidak berdiri sendiri, karena pengguna openSUSE Tumbleweed sekarang dapat menikmati banyak teknologi GNU/Linux dan perangkat lunak Open Source terbaru, termasuk PipeWire 0.3.38, Firefox 93, Samba 4.15, Squid 5.2, LibreOffice 7.2.2, openSSH 8.8p1, LLVM 13, PostgreSQL 14, Mesa 21.2.3, Apache 2.4.51, Rust 1.55, dan kernel Linux 5.14.9.

Dan, jika Anda tidak menyukai Lingkungan desktop GNOME, Dominique Leuenberger memiliki beberapa hal baru yang baik untuk penggemar lingkungan desktop KDE Plasma karena seri KDE Plasma 5.23 yang baru saja dirilis akan segera tiba di repo openSUSE Tumbleweed, bersama dengan rangkaian perangkat lunak KDE Frameworks 5.87 terbaru.

Juga membuatnya Masuk ke repositori stabil openSUSE Tumbleweed selama beberapa minggu ke depan adalah Coreutils 9.0, RPM 4.13, OpenSSL 3.0, GNU Bison 3.8.2, dan GnuPG 2.3.2, jadi pastikan Anda selalu memperbarui instalasi Tumbleweed di semua waktu.

Sumber: Google, 9to5linux.com

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: