Desktop GNOME 42 Dijadwalkan Rilis pada 23 Maret 2022, Hadir dengan Preferensi Gaya Gelap


Sementara beberapa dari Anda masih menunggu GNOME 41 tiba di repositori perangkat lunak stabil dari distribusi GNU/Linux favorit Anda, pekerjaan telah dimulai pada rilis besar berikutnya dari lingkungan desktop populer, GNOME 42.

Pengembang GNOME baru-baru ini menerbitkan rilis jadwal untuk lingkungan desktop GNOME 42, yang dijadwalkan untuk rilis tahun depan pada tanggal 23 Maret. Ini akan menjadi pembaruan besar kedua dalam seri GNOME 4x dan pengembangan perlahan dimulai bulan ini.

GNOME 42 akan tetap menggunakan rutinitas yang sama seperti pada siklus pengembangan GNOME 40 dan GNOME 41, yang berarti bahwa penguji publik akan dapat mengambil Pencapaian Alpha, Beta, dan Release Candidate (RC) untuk test drive di komputer pribadi mereka. Berikut jadwal rilis resmi GNOME 42:
GNOME 42 Alpha – 8 Januari 2022GNOME 42 Beta – 12 Februari 2022GNOME 42 RC – 5 Maret 2022GNOME 42 Final – 23 Maret 2022
Jadi, para pengembang GNOME memiliki waktu sekitar tiga bulan untuk mengimplementasikan fitur-fitur baru hingga kami’ akan bisa mendapatkan rilis pengembangan pertama, versi Alpha. Tahap UI Freeze ditetapkan setelah rilis versi Beta pada pertengahan Februari, yang berarti tidak akan ada perubahan UI yang signifikan.

Sementara itu, para pengembang dan pengguna GNOME akan dapat menghadiri acara penting lainnya, GNOME Asia Summit 2021, yang akan berlangsung online bulan depan dari 20 November hingga 21 November.

Untuk fitur baru di GNOME 42, akan ada preferensi gaya gelap di seluruh sistem yang serupa dengan apa yang dapat kita alami hari ini di Android, macOS, iOS, dan lainnya sistem operasi modern. Seperti yang mungkin sudah Anda duga, akan ada tombol di Pengaturan atau GNOME Shell untuk mengaktifkan atau menonaktifkan mode gelap/terang dengan cepat.
Gaya gelap seluruh sistemGaya terang seluruh sistemGambar milik Alexander Mikhaylenko
Selain itu, preferensi gaya gelap seluruh sistem baru akan mendukung penjadwalan siang/malam dengan sinkronisasi otomatis wallpaper, tetapi pengembang mencatat fakta bahwa fitur ini tidak akan dipaksakan pada semua aplikasi.

Seperti yang dapat Anda bayangkan, masih terlalu dini untuk membicarakan fitur-fitur baru di rilis mendatang, tetapi yakinlah bahwa Anda akan menjadi yang pertama mengetahui apa yang baru di lingkungan desktop GNOME 42 saat lebih banyak detail tersedia hingga rilis final mencapai jalan-jalan pada 23 Maret 2022.

Sementara itu, jika Anda menggunakan rilis GNOME 40 atau 41, pastikan Anda selalu memperbaruinya dengan pembaruan pemeliharaan terbaru. GNOME 40.6 dan GNOME 41.1 keduanya dijadwalkan untuk akhir Oktober dan akan datang ke distribusi GNU/Linux favorit Anda pada awal November.

Images courtesy of Alexander Mikhaylenko

Sumber: Google, 9to5linux.com

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: