Devuan GNU+Linux 4.0 “Chimaera” Dirilis untuk Pecinta Kebebasan Perangkat Lunak, Berdasarkan Debian Bullseye


Tim pengembangan di balik distribusi Devuan GNU+Linux hari ini mengumumkan rilis dan ketersediaan umum Devuan GNU+Linux 4.0.

Dijuluki “Chimaera” dan berdasarkan Debian GNU/Linux 11.1 “Bullseye” yang baru dirilis, Devuan GNU+Linux 4.0 hadir dengan Kernel Linux 5.10 LTS secara default dan pilihan tiga sistem init, termasuk sysvinit, runit, dan OpenRC.

Devuan adalah distribusi GNU/Linux yang harus Anda unduh dan gunakan jika Anda ingin memiliki instalasi sistem operasi Debian GNU/Linux tanpa systemd sistem init. Devuan hadir untuk pecinta kebebasan perangkat lunak!

Rilis ini juga meningkatkan dukungan desktop, membuat semua lingkungan desktop dari Debian GNU/Linux tersedia untuk pengguna Devuan tanpa systemd. Selain itu, ia menambahkan tema baru ke bootloader, pengelola tampilan, dan lingkungan desktop.

Selain itu, Devuan GNU+Linux 4.0 hadir dengan aksesibilitas yang ditingkatkan, memungkinkan pengguna untuk menginstal sistem operasi melalui GUI atau konsol menggunakan sintesis ucapan perangkat lunak atau perangkat keras, atau menggunakan tampilan braille yang dapat disegarkan.

Selain itu, rilis ini menambahkan kemampuan untuk menginstal lingkungan desktop tanpa server suara PulseAudio, yang memungkinkan sintesis ucapan dua bekerja secara bersamaan pada sesi konsol dan GUI.

Anda dapat mengunduh Devuan GNU+Linux 4.0 sekarang juga dari yang resmi website atau dengan mengklik link download langsung di bawah ini. Ada ISO langsung (64-bit) dan hanya dapat diinstal (32-bit dan 64-bit) yang tersedia untuk diunduh, bersama dengan ISO Live Minimal. Sesi langsung menggunakan lingkungan desktop Xfce 4.16 secara default.
Download Devuan GNU+Linux 4.0
Mengembangkan cerita…

Sumber: Google, 9to5linux.com

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: