Distro Linux Finnix 123 untuk Administrator Sistem Keluar Berdasarkan Debian Bullseye


Ryan Finnie hari ini merilis Finnix 123 sebagai versi terbaru dari distro Linux live berbasis Debian untuk administrator sistem.

Finnix 123 hadir hampir tujuh bulan setelah Finnix 122 dan membawa perubahan besar, yaitu fakta bahwa distro berorientasi sysadmin sekarang berbasis pada seri sistem operasi Debian GNU/Linux 11 “Bullseye” terbaru daripada melacak repositori Pengujian Debian.

Sementara distribusi masih didukung oleh seri kernel Linux 5.10 LTS, rilis Finnix 123 menambahkan beberapa barang untuk administrator sistem, seperti sshd dan opsi baris perintah kernel passwd (mis. sshd passwd=foo atau sshd passwd=root:foo atau passwd=finnix:bar), serta handler “command-not-found” dasar yang memberikan instruksi eksplisit kepada pengguna tentang bagaimana untuk menginstal paket tertentu.

Selain itu, rilis ini memperbarui perintah finnix untuk menginstruksikan pengguna tentang cara mengaktifkan dukungan untuk sistem file ZFS, memperkenalkan paket baru bernama jove (Jonath versi Emacs milik sendiri), yang merupakan editor teks gaya Emacs yang ringkas namun kuat, dan menambahkan halaman manual untuk beberapa perintah khusus Finnix, termasuk koneksi wifi dan locale-config.

Selain perubahan ini, Finnix 123 menghapus paket ftp, ftp-ssl, dan zile, meningkatkan sistem build, dan memperbaiki banyak bug yang ada di rilis sebelumnya. Perubahan menarik lainnya adalah fakta bahwa ID mesin sekarang stabil di seluruh reboot dan secara otomatis dihasilkan dari DMI.

“Ini digunakan untuk mis. ID klien DHCP, jadi beberapa reboot seharusnya tidak lagi berputar melalui IP dinamis di jaringan, ”jelas pengembang dalam catatan rilis.

Anda dapat mengunduh Finnix 123 sekarang dari situs web resmi. Rilis ini berisi total 575 paket dan hanya didukung pada sistem 64-bit (amd64). Jika Anda ingin menggunakan Finnix pada sistem 32-bit (586/686/PowerPC), Anda harus mengunduh versi yang jauh lebih lama.
Download Finnix 123

Sumber: Google, 9to5linux.com

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: