Emmabuntüs Debian Edition 4 1.00 Resmi Dirilis, Berdasarkan Debian GNU/Linux 11 “Bullseye”


Patrick d’Emmabuntüs menginformasikan 9to5Linux hari ini tentang ketersediaan umum untuk mengunduh distribusi Emmabuntüs Debian Edition 4 1.00 yang sangat dinanti-nantikan untuk memperbarui komputer lama dan siapa saja yang ingin menemukan GNU/Linux.

Karena Debian GNU/Linux 11 “Bullseye” telah resmi dirilis bulan lalu, hanya masalah waktu sampai Emmabuntüs Collective mengumpulkan rincian akhir dari seri rilis Emmabuntüs Debian Edition (DE) 4 mereka, yang berasal dari seri sistem operasi Debian GNU/Linux 11, tentu saja, mendukung lingkungan desktop Xfce dan LXQt.

Didukung oleh seri kernel Linux 5.10 LTS yang didukung jangka panjang, Emmabuntüs Debian Edition 4 1.00 menampilkan lingkungan desktop Xfce 4.16 terbaru dan terhebat, bersama dengan lingkungan desktop LXQt 0.16.0, yang dapat Anda pilih sejak pertama kali dijalankan, mode penginstalan OEM melalui penginstal grafis Calamares, dan alat-alat baru, termasuk VeraCrypt, GtkHash, Warpi Linux Mint nator, dan zram-tools.

Untuk mengikuti waktu dan menawarkan alternatif gratis kepada pengguna untuk perangkat lunak berpemilik populer, Emmabuntüs Debian Edition 4 1.00 menggantikan TeamViewer dengan DWService, Skype dengan Jami, PulseEffects dengan PulseAudio-Equalizer, dan sepenuhnya menghapus Adobe Flash yang sekarang sudah usang Plugin pemain. Selain itu, ia menambahkan dukungan untuk memasang pemutar YouTube desktop open-source FreeTube melalui Internet.

Di atas semua itu, rilis ini dikirimkan dengan tema Es baru yang dirancang oleh Juliette Taka dan logo Emmabuntüs yang didesain ulang oleh JCZ, tutorial yang diperbarui untuk instalasi dan presentasi distribusi, serta pembaruan “Buku pegangan pemula Debian Bullseye” oleh arpinux.

“Kami ingin mengucapkan terima kasih yang hangat kepada mereka di sini, atas kontribusi grafis mereka yang luar biasa pada distribusi DE4 Emmabuntüs, dan mengenai kegelapan dan tema ringan,” kata Patrick d’Emmabuntüs.

Di antara beberapa perangkat lunak penting yang disertakan dalam rilis ini, ada suite kantor LibreOffice, browser web Mozilla Firefox ESR dan Falkon, klien email dan berita Mozilla Thunderbird, Geany IDE, editor gambar Darktable RAW, Editor audio Audacity, transcoder video HandBrake, editor video Kdenlive, editor Inkscape SVG, paket pendidikan GCompris, dan banyak lainnya.

Emmabuntüs Debia n Edition 4 1.00 tersedia untuk diunduh sekarang juga dari situs web resmi untuk komputer 64-bit dan 32-bit.

Sumber: Google, 9to5linux.com

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: