EndeavourOS Atlantis Berbasis Arch Linux Keluar dengan Linux 5.15 LTS, PipeWire, dan Lainnya


Tim EndeavourOS hari ini merilis snapshot ISO baru dari distribusi berbasis Arch Linux yang dibangun di sekitar lingkungan desktop Xfce yang ringan, EndeavourOS Atlantis.

EndeavourOS Atlantis adalah rilis ISO pertama dari distro berbasis Arch Linux dengan skema penamaan baru menggunakan nama kode dan bukan nomor versi. Saya pikir ini akan memudahkan pengguna untuk mengidentifikasi rilis EndeavourOS, tetapi, bagaimanapun, ini adalah snapshot yang ditargetkan untuk penerapan baru karena EndeavourOS mengikuti model rilis bergulir di mana Anda menginstal sekali dan menerima pembaruan selamanya, seperti Arch Linux.

What’s baru di EndeavourOS Atlantis untuk pendatang baru yang ingin menggunakan Arch Linux di komputer pribadi mereka? Nah, perubahan besar pertama adalah fakta bahwa rilis ISO didukung oleh seri kernel Linux 5.15 LTS terbaru dan terhebat, yang tidak hanya membawa banyak manfaat tetapi juga didukung untuk dua tahun ke depan, setidaknya.

EndeavourOS Atlantis sticks ke Xfce 4.16 sebagai lingkungan desktop default pada sesi langsung dan menambahkan beberapa peningkatan dan penambahan baru pada aplikasi/alat EndeavourOS. Misalnya, ada pemeriksaan kewarasan baru untuk pengguna GPU NVIDIA dan pembaruan kernel untuk mencegah kegagalan boot setelah pembaruan.

Selain itu, alat eos-apps-info sekarang diinstal secara default, aplikasi Selamat Datang menerima tombol baru yang membawa pengguna ke halaman dengan info lebih lanjut tentang lingkungan desktop pra-instal, alat eos-apps-info-helper telah diperbarui untuk menampilkan informasi tentang lebih banyak aplikasi, alat eos-update-notifier mendapat jendela konfigurasi jadwal baru dan lebih baik, dan paccache -service-manager tool sekarang memungkinkan pengguna menghapus cache dari paket yang dihapus.

Selanjutnya, tool AKM telah ditingkatkan untuk menandai kernel yang sedang berjalan dengan simbol *, dan grub-tools sekarang menambahkan informasi dan peringatan tentang variabel GRUB_DISABLE_OS_PROBER di /etc /default/grub bila diperlukan.

Juga ditingkatkan dalam rilis EndeavourOS baru ini adalah penginstal grafis Calamares, yang membuat penginstalan Arch Linux menjadi mudah bagi pendatang baru. Penginstal sekarang mendukung penginstalan lingkungan desktop Xfce dan pengelola jendela i3 secara bersamaan, menambahkan zstd untuk Btrfs untuk penginstalan pada drive SSD dan HDD, mengaktifkan fstrim.timer secara default, menggunakan penamaan jalur EFI acak, mendukung membaca output dari pacman tindakan, mengaktifkan pengaturan mode DRM secara default untuk pengguna GPU NVIDIA, dan memungkinkan pengguna mengirim log instalasi ke devs.

Perubahan menarik lainnya di penginstal Calamares termasuk dukungan untuk paket repo EndeavourOS dan aplikasi Selamat Datang untuk terhubung ke GitLab secara default, penghapusan GitHub dari mirrorlist EndeavourOS, dan metode baru untuk menginstal salah satu edisi Komunitas EndeavourOS.

“Sekarang Anda memilih edisi komunitas terlebih dahulu, yang merupakan paket pengaturan tetap yang tidak dapat diubah untuk menghindari kegagalan instalasi, lalu Anda masuk ke dasar modul paket di mana Anda dapat membatalkan pilihan paket tertentu jika Anda mau,” demikian pengumuman rilis.

Di antara perubahan lainnya, EndeavourOS Atlantis meningkat Legacy Boot, memperkenalkan kemampuan bagi pengguna untuk menulis perintah bash mereka sendiri, dikirimkan dengan OS prober yang diinstal secara default, dikirimkan dengan PipeWire yang diinstal secara default untuk audio, meningkatkan dukungan untuk drive M.2 berbasis PCIe tertentu, menggantikan driver r8168 dengan r8169 secara default, dan menambahkan beberapa wallpaper baru.

Anda dapat mengunduh EndeavourOS Atlantis sekarang juga dari situs web resminya atau dengan mengeklik tautan unduhan langsung di bawah. Saat ISO Anda sedang diunduh, lihat video tampilan pertama saya di bawah ini, dan jangan lupa berlangganan untuk video lainnya!
Download EndeavourOS Atlantis

Sumber: Google, 9to5linux.com

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: