Endless OS 4.0 Dirilis sebagai Seri yang Didukung Jangka Panjang, Berdasarkan Debian Bullseye


Endless OS Foundation hari ini mengumumkan rilis Endless OS 4.0, versi terbaru dari distribusi GNU/Linux berbasis Debian yang menampilkan pengalaman pengguna yang disederhanakan dan disederhanakan.

Endless OS 4.0 adalah rilis utama yang memperkenalkan banyak fitur dan peningkatan baru, dimulai dengan navigasi kisi aplikasi yang ditingkatkan dengan panah yang dapat diklik yang memungkinkan pengguna untuk lebih mudah bernavigasi di antara halaman aplikasi, dengan titik-titik yang menunjukkan jumlah total halaman dan halaman yang sedang Anda buka.

Rilis ini juga memperkenalkan peralihan pengguna yang cepat untuk memungkinkan Anda beralih dengan mudah ke pengguna lain saat pengguna lain masih masuk. Fitur baru telah diterapkan di menu pengguna dan layar kunci. Lingkungan desktop default didasarkan pada seri GNOME 3.38.

Juga di Endless OS 4.0 adalah pencetakan tanpa driver, fitur yang menggunakan Internet Printing Protocol untuk menemukan printer secara otomatis di jaringan lokal Anda. Ketika Anda akan meningkatkan dari Endless OS 3.9, semua printer yang dikonfigurasi akan dihapus, tetapi Anda dapat menambahkannya lagi secara manual jika tidak ditemukan secara otomatis.

Di antara perubahan penting lainnya, rilis ini hadir dengan pemutar musik Rhythmbox dan Penampil webcam keju sebagai aplikasi Flatpak, tema ikon default GNOME, serta repositori terpisah untuk aplikasi Flatpak dan sistem operasi lainnya untuk meningkatkan kinerja dan keandalan pemasangan aplikasi. sistem metrik yang secara otomatis menyimpan dan mengirimkan statistik penggunaan anonim dan laporan masalah ke pengembang Endless OS. Sekali lagi, ini adalah fitur opsional yang dapat dinonaktifkan selama penyiapan awal atau dari Pengaturan > Privasi > Metrics.

“Di Endless OS 4, titik data yang dikirimkan tidak lagi terkait dengan komputer tertentu yang mengirimkannya; sebagai gantinya, mereka terkait dengan saluran distribusi untuk komputer itu, yang diidentifikasi oleh ID build dari gambar penginstalan, yang biasanya dibagikan di antara ribuan sistem,” jelas devs.

Di bawah tenda, Endless OS 4.0 didasarkan pada yang terbaru dan Seri sistem operasi “Bullseye” Debian GNU/Linux 11 terbesar dan didukung oleh seri kernel Linux 5.11. Yang terbaik dari semuanya, ini adalah rilis yang didukung jangka panjang (LTS) yang akan menerima pembaruan perangkat lunak dan keamanan selama beberapa tahun, bahkan setelah rilis Endless OS 5.

Rilis ini juga memberi pengguna kemampuan untuk menyesuaikan gambar instalasi Endless OS mereka sendiri , menambahkan dukungan untuk komputer papan tunggal Raspberry Pi 4 Model B dengan RAM 8GB, menambahkan dukungan untuk L2TP dan VPN OpenConnect/AnyConnect, dan menambahkan dukungan untuk mekanisme pencabutan Boot Aman SBAT yang baru.

Berbagai fungsi yang ada di Endless OS sebelumnya rilis telah dihapus, seperti fitur Akun Bersama, aplikasi Remote Desktop Viewer, pintasan desktop bawaan untuk situs web, pengunduh Google Chrome otomatis, metode input Zhuyin Cina, dan dukungan untuk komputer yang menggunakan konfigurasi “split disk”.

Jika Anda mau untuk mencoba Endless OS, Anda dapat mengunduh Endless OS 4.0 sekarang juga dari situs resminya. Gambar langsung dan instalasi disediakan untuk berbagai bahasa dan platform. Untuk detail selengkapnya tentang rilis ini, lihat catatan rilis lengkap.
Download Endless OS 4.0

Sumber: Google, 9to5linux.com

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: