Fedora Linux 35 Beta Dirilis untuk Pengujian Publik dengan Desktop GNOME 41, Kernel Linux 5.14


The Fedora Project hari ini mengumumkan rilis dan ketersediaan umum versi beta dari sistem operasi Fedora Linux 35 yang akan datang untuk pengujian publik.

Fedora Linux 35 adalah versi utama berikutnya dari distribusi GNU/Linux populer yang disponsori oleh Red Hat dan sekarang tersedia untuk pengujian beta publik satu bulan sebelum rilis yang direncanakan pada 26 Oktober 2021.

Seperti yang diharapkan, Fedora Linux 35 akan mengemas semua teknologi GNU/Linux dan perangkat lunak Open Source terbaru dan terhebat. Versi beta dikirimkan dengan versi pengembangan RC (Release Candidate) dari seri lingkungan desktop GNOME 41 terbaru, yang menghadirkan beberapa fitur dan peningkatan baru yang keren untuk edisi Fedora Workstation.

Tentu saja, KDE Plasma, Xfce, LXQt, dan Fedora lainnya Linux Spins telah diperbarui untuk menawarkan kepada pengguna versi terbaru dan terhebat dari lingkungan desktop mereka, termasuk KDE Plasma 5.22.

Mengikuti jejak Fedora Silverblue, rilis ini memperkenalkan Fedora Kinoite, edisi khusus Fedora Linux yang menampilkan lingkungan desktop KDE Plasma dan berdasarkan teknologi rpm-ostree. Fedora Kinoite menjanjikan pembaruan atom dan sistem operasi generasi berikutnya untuk meningkatkan keandalan.

Rilis beta juga dilengkapi dengan WirePlumber, sesi modular dan manajer kebijakan untuk PipeWire secara default. “WirePlumber memungkinkan penyesuaian aturan untuk merutekan aliran ke dan dari perangkat,” kata pemimpin proyek Fedora Project Matthew Miller.

Di bawah tenda, Fedora Linux 35 Beta didukung oleh seri kernel Linux 5.14 terbaru dan dikirimkan dengan Python 3.10, Perl 5.34, PHP 8.0, dan teknologi GNU/Linux dan Sumber Terbuka terbaru.

Anda dapat mengunduh Fedora Linux 35 Beta sekarang juga dari halaman pengumuman rilis untuk perangkat 64-bit dan ARM. Namun, harap diingat bahwa ini adalah versi pra-rilis Fedora Linux 35, jadi jangan menginstalnya di mesin produksi, atau menggunakannya untuk pekerjaan produksi apa pun.

Sumber: Google, 9to5linux.com

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: