Fedora Linux 35 Dirilis dengan GNOME 41, Fedora Kinoite Flavour, dan WirePlumber


The Fedora Project hari ini merilis Fedora Linux 35 sebagai versi terbaru dari distribusi GNU/Linux berbasis RPM tujuan umum mereka yang menampilkan beberapa teknologi terbaru dan perangkat lunak Open Source.

Setelah enam bulan kerja keras, Fedora Linux 35 hadir dengan yang terbaru dan lingkungan desktop GNOME 41 terbaik untuk edisi Fedora Workstation. GNOME 41 menghadirkan beberapa fitur baru yang keren, seperti manajer paket Perangkat Lunak GNOME yang didesain ulang yang memberi Anda akses instan ke aplikasi Flatpak dari repositori Flathub, aplikasi Koneksi GNOME baru untuk akses desktop jarak jauh, dan pengaturan baru untuk multitasking. senang mengetahui bahwa Fedora 35 Workstation hadir dengan daemon profil daya untuk memungkinkan mereka memilih antara mengoptimalkan kinerja sistem atau menghemat masa pakai baterai. Ini juga merupakan fitur baru dari lingkungan desktop GNOME 41, yang juga memperkenalkan panel pengaturan Jaringan Seluler baru untuk konfigurasi koneksi seluler yang lebih mudah pada perangkat yang didukung.

Fitur baru lainnya dari rilis Fedora Linux 35 termasuk WirePlumber Collabora sebagai manajer sesi default untuk PipeWire, yang memungkinkan Anda membuat aturan khusus untuk merutekan aliran ke dan dari perangkat, yescrypt sebagai metode hashing default untuk menyimpan kata sandi di /etc/shadow, penambahan “Fedora Linux” di /etc/os-release untuk membedakan antara proyek dan distribusi, dan Btrfs sebagai sistem file default untuk Fedora Cloud.

Selanjutnya, rilis ini membuat cache cepat SSSD lebih fleksibel untuk pengguna lokal dengan memungkinkan Anda untuk menghidupkan dan mematikannya saat runtime, menambahkan kemampuan untuk memulai kembali layanan pengguna setelah peningkatan rpm , secara otomatis mendeteksi ukuran sektor enkripsi yang optimal selama instalasi Fedora Linux dengan enkripsi LUKS/dm-crypt, dan memperkenalkan Fedora Kinoite sebagai f bekerja bersama Fedora Silverblue, tetapi berdasarkan desktop KDE Plasma.

Di bawah tenda, Fedora Linux 35 ditenagai oleh seri kernel Linux 5.14 dan menggunakan seri tumpukan grafis Mesa 21.2. Itu juga dilengkapi dengan rantai alat yang diperbarui yang mencakup GCC 11, GNU C Library 2.34, GNU Binutils 2.36, GDB 10.2, GHC 8.10, LLVM 13, Python 3.10, Perl 5.34, PHP 8.0, Boost 1.76, firewalld 1.0.0, IBus 1.5. 25, Node.js 16, RPM 4.17, Erlang 24, Sphinx 4, SDL 2.0, fwupd 1.7, dan banyak lagi.

Fedora Linux 35 memiliki pembaruan hari pertama, banyak sekali, jadi pastikan Anda memperbarui instalasi baru Anda segera mungkin. Rasa Fedora Linux lainnya juga telah diperbarui dan hadir dengan teknologi yang sama seperti yang disebutkan di atas, serta beberapa versi terbaru dari lingkungan desktop default mereka, seperti KDE Plasma 5.22.5, Xfce 4.16, LXQt 0.17, dan lainnya.

Anda dapat mengunduh Fedora Linux 35 sekarang juga dari situs web resmi atau meningkatkan instalasi Fedora Linux 34 Anda melalui manajer paket Perangkat Lunak GNOME.
Download Fedora Linux 35

Sumber: Google, 9to5linux.com

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: