Firefox 93 Sekarang Tersedia untuk Diunduh, Akhirnya Mengaktifkan Dukungan AVIF secara Default


Mozilla hari ini mendorong rilis final browser web Firefox 93 ke arsip utama untuk semua platform dan arsitektur yang didukung menjelang peluncuran resmi pada 5 Oktober 2021.

Akhirnya, setelah banyak penundaan, dukungan untuk Format File Gambar AV1 generasi berikutnya ( Format gambar AVIF), yang didasarkan pada codec video AV1 modern dan bebas royalti, sekarang diaktifkan secara default. Itu seharusnya mendarat di Firefox 86 terlebih dahulu, tetapi akhirnya di sini di rilis Firefox 93. Dukungan

AVIF di Firefox telah dikembangkan selama lebih dari empat tahun. Fitur baru mendarat sejak Firefox 86, tetapi tidak diaktifkan secara default sampai sekarang karena berbagai bug dan regresi. Firefox 93 adalah rilis pertama dari browser web populer yang mengaktifkannya secara default untuk membantu Anda menghemat lebih banyak bandwidth.

“Ini menawarkan penghematan bandwidth yang signifikan untuk situs dibandingkan dengan format gambar yang ada. Ini juga mendukung transparansi dan fitur-fitur canggih lainnya,” kata Mozilla.

Di antara perubahan lainnya, rilis Firefox 93 memperkenalkan Firefox PDF viewer yang sekarang mendukung pengisian formulir tambahan, seperti formulir berbasis XFA yang digunakan oleh beberapa bank dan pemerintah, seperti serta dukungan untuk paket Snap resmi pada arsitektur AArch64 (ARM64) dan ARMhf.

Selanjutnya, Firefox sekarang melindungi pengguna dari unduhan yang tidak aman dengan secara otomatis memblokir unduhan yang mengandalkan koneksi tidak aman, panel unduhan telah diubah untuk mengikuti gaya visual Firefox, dan TLS cipher suites yang menggunakan 3DES telah dinonaktifkan secara default (dapat diaktifkan pada sistem di mana versi TLS yang sudah tidak digunakan lagi).

Ini juga memperkenalkan SmartBlock 3.0 untuk meningkatkan kompatibilitas web untuk perlindungan privasi, memperkenalkan perlindungan pelacakan perujuk baru di Penjelajahan Pribadi dan Perlindungan Pelacakan Ketat , dan meningkatkan pembaca layar VoiceOver dan Orca agar berfungsi dengan benar dengan F irefox. Untuk lebih jelasnya, lihat catatan rilis.

Tanpa basa-basi lagi, Anda dapat mengunduh Firefox 93 sekarang juga dari server unduhan Mozilla di sini. Anda akan menemukan biner 64-bit (x86_64) dan 32-bit (i686) untuk semua bahasa yang didukung, serta tarball sumber. Mozilla akan secara resmi mengungkap rilis Firefox 93 besok, 5 Oktober 2021.

Sumber: Google, 9to5linux.com

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: