Flatpak 1.12 Dirilis dengan Dukungan Lebih Baik untuk Mekanisme Runtime Steam Linux, Lainnya


Alexander Larsson hari ini merilis Flatpak 1.12 sebagai seri stabil terbaru dari sandboxing dan kerangka distribusi aplikasi Linux open-source dan kuat ini untuk distribusi GNU/Linux modern.

Flatpak 1.12 hadir delapan bulan setelah Flatpak 1.10 sebagai seri stabil baru yang memperkenalkan banyak fitur dan perbaikan. Sorotan mencakup dukungan yang lebih baik untuk mekanisme Steam Linux Runtime, memungkinkan Steam untuk meluncurkan game dengan runtime containernya sendiri sebagai /usr.

Bahkan, fitur baru ini memungkinkan setiap subsandbox memiliki /usr dan/atau /app yang berbeda. Yang juga baru adalah dukungan untuk program TUI (antarmuka pengguna berbasis teks) seperti GNU Debugger, dukungan untuk instance Flatpak dari ID aplikasi yang sama untuk berbagi direktori /tmp atau /dev/shm, serta $XDG_RUNTIME_DIR mereka.

It juga sekarang menggunakan generator parser tujuan umum GNU Bison untuk membangun parse-datetime.y, meningkatkan mekanisme pemeriksaan kesalahan, meningkatkan penanganan referensi yang dimiliki lebih dari satu arsitektur, dan meningkatkan pesan kesalahan untuk sudo flatpak run command.

Selanjutnya, Flatpak sekarang memungkinkan Anda menentukan biner Flatpak untuk digunakan selama ekspor, mengekspos /etc/gai.conf ke kotak pasir, menangani kasus di mana /var/tmp adalah symlink, memberikan informasi tentang dukungan keamanan dan pelaporan kerentanan keamanan, dan menangani /etc/ld.so.cache (musl) yang hilang.

Tentu saja, perbaikan bug dan keamanan juga ada di seri Flatpak stabil baru ini. Salah satu perbaikan keamanan yang paling penting adalah untuk kerentanan yang ditemukan dalam dukungan portal, memungkinkan aplikasi untuk membuat sub-kotak pasir yang dapat membingungkan mekanisme verifikasi kotak pasir portal.

Flatpak 1.12 tersedia untuk diunduh sekarang dari halaman GitHub proyek. Pengelola OS Linux direkomendasikan untuk menggunakan bubblewrap 0.5.0 saat mengkompilasi Flatpak, tetapi tidak diperlukan.

bubblewrap 0.5.0 membawa diagnostik yang lebih baik ketika –bind atau pengikatan lainnya gagal, membungkam pesan kernel untuk pengikatan, menambahkan dukungan untuk pemasangan non-direktori di atas non-direktori yang ada, menambahkan dukungan untuk membuat non-direktori dengan izin yang lebih aman, dan meningkatkan kemampuan untuk mengikat-mount direktori pada filesystems case-insensitive.

Update: Flatpak 1.12.1 dirilis segera setelah versi 1.12. 0 untuk memperbaiki bug di mana perbaikan keamanan di rilis sebelumnya gagal saat digunakan dengan beberapa versi lama dari perpustakaan libseccomp yang tidak mengetahui tentang syscalls.
baru

Sumber: Google, 9to5linux.com

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: