GIMP 2.10.28 Dirilis dengan Perbaikan dan Perbaikan Bug, Fungsi Script-Fu Baru


Proyek GIMP dirilis hari ini GIMP 2.10.28 sebagai pembaruan pemeliharaan baru untuk seri GIMP 2.10 dari perangkat lunak editor gambar open-source dan lintas platform yang sangat populer dan kuat ini.

GIMP 2.10.28 ada di sini lebih dari lima bulan setelah GIMP 2.10 rilis .24, yang mungkin sebagian besar dari Anda gunakan pada distribusi GNU/Linux Anda saat ini, untuk mengatasi berbagai bug dan masalah, serta untuk meningkatkan kinerja aplikasi dan menambahkan beberapa fungsionalitas baru. Fungsi Script-Fu yang disebut dir-make yang memungkinkan pengguna membuat direktori dari skrip, perbaikan berbagai masalah aksesibilitas dalam tema, seperti umpan balik kursor mouse atau warna bermasalah, serta perbaikan bug untuk BMP, C-source, DDS, DICOM , GIF, Gimpressionist, Metadata Viewer, PS, PSD, Sunras, dan TIFF plugins.

Beberapa skrip Script-Fu dan penerjemah Script-Fu juga menerima beberapa perbaikan bug. Tentu saja, pustaka GEGL dan Babl juga diperbarui untuk menambahkan fungsionalitas baru seperti 32-bit float RGB dan pemrosesan warna CMYK menggunakan perender CTX, dan parameter edge_handling baru.

GIMP 2.10.28 bukan pembaruan besar karena tim pengembang di balik editor gambar yang hebat dan gratis yang digunakan oleh jutaan pengguna komputer di seluruh dunia ini memfokuskan upaya mereka pada rilis besar berikutnya, GIMP 3, yang saya harap akan keluar pada akhir tahun dengan banyak fitur dan penyempurnaan baru.

Sampai saat itu , jika Anda menggunakan GIMP, harap perbarui ke versi 2.10.28 segera setelah muncul di repositori perangkat lunak stabil dari distribusi GNU/Linux favorit Anda. Anda juga dapat menginstalnya sekarang menggunakan biner universal Flatpak (update flatpak org.gimp.GIMP//stable), atau dengan mengunduh dan mengkompilasi tarball sumber dari situs resmi.

Detail lebih lanjut tentang perubahan yang diterapkan di GIMP 2.10.28 rilis tersedia di halaman pengumuman rilis dan di changelog mentah, yang mencerminkan perubahan antara versi 2.10.24 dan 2.10.26 karena versi 2.10.28 hanya menyertakan perbaikan untuk bug build yang ditemukan di versi 2.10.26.

Sumber: Google, 9to5linux.com

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: