GNU Linux-Libre 5.14 Kernel Hadir untuk Mereka yang Mencari Kebebasan 100% untuk PC mereka


Alexandre Oliva hari ini mengumumkan rilis dan ketersediaan umum kernel GNU Linux-libre 5.14 bagi mereka yang mencari kebebasan 100% untuk komputer GNU/Linux mereka.

Berdasarkan seri kernel Linux 5.14 yang baru saja dirilis, kernel GNU Linux-libre 5.14 hadir untuk bersihkan driver grafis i915 Intel OpenGL, bersihkan dan pindahkan driver untuk sp8870 dan kartu av7110 lainnya di pohon upstream, sesuaikan skrip pembersihan driver Renesas xHCI, dan hapus file r8188eu.

Ini juga menyesuaikan pembersihan btqca driver sejak diganti namanya upstream, membersihkan file dts yang berisi fitur blob-loading untuk varian Qualcomm ARM64 baru, menonaktifkan fitur loading blog lain dari driver Emulex Fibre Channel Target baru, dan membersihkan nama blob baru dari driver adreno, amdgpu, dan btrtl.

Tentu saja, kernel Linux-libre GNU yang baru dikemas dengan fitur dan peningkatan baru yang sama dengan kernel Linux 5.13 upstream, tetapi membersihkan banyak driver yang baru ditambahkan untuk memberi Anda kernel gratis 100% yang tidak menyertakan kode kepemilikan apa pun.

Sorotan dari kernel Linux 5.14 menyertakan fungsionalitas penjadwalan inti baru untuk melindungi komputer Linux Anda dengan lebih baik dari beberapa kerentanan Spectre, pengontrol bandwidth CFS yang dapat meledak , mekanisme baru untuk mengontrol batas sumber daya dengan lebih baik dalam ruang nama pengguna, dan driver PCI-over-virtio baru untuk mendukung driver PCI dalam mode-pengguna. Kernel

Linux 5.14 juga dilengkapi pengontrol prioritas I/O untuk grup kontrol yang dirancang untuk mengelola prioritas permintaan blok-I/O yang dihasilkan oleh anggota setiap grup, serta pembatas kecepatan baru untuk fitur deteksi kunci-terpisah pada arsitektur x86 untuk proses tidur yang membuat kunci terpisah.

Jika Anda ingin membangun 100% gratis Komputer GNU/Linux, Anda dapat mengunduh dan menginstal kernel GNU Linux-libre 5.14 sekarang juga dari situs resminya. Anda dapat menginstalnya di hampir semua distribusi GNU/Linux gratis, tetapi pengembang menyediakan paket biner siap pakai untuk distro berbasis Debian dan Red Hat.

Kredit gambar: Alexandre Oliva

Sumber: Google, 9to5linux.com

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: