Kandidat Rilis GNOME 41 Keluar dengan Perbaikan dan Peningkatan Bug Menit Terakhir


Javier Jardón Cabezas dari Tim Rilis GNOME hari ini mengumumkan melalui email pengumuman ketersediaan umum untuk pengujian publik dari pencapaian Kandidat Rilis untuk lingkungan desktop GNOME 41 mendatang.

GNOME 41 adalah rilis besar berikutnya dari lingkungan desktop yang diakui untuk distribusi GNU/Linux , dan menjanjikan banyak fitur baru, aplikasi yang diperbarui dan baru, serta berbagai peningkatan dan perbaikan bug.

Pencapaian Kandidat Rilis (RC) menjadi panas setelah rilis beta yang diumumkan pada akhir Agustus, dan memperbaiki bug di aplikasi Panggilan baru yang mencegah SIP bekerja saat menggunakan beberapa antarmuka jaringan dan menambahkan sentuhan menit terakhir di sekitar manajemen akun SIP dan UI-nya.

Peramban web Epiphany (GNOME Web) telah diperbarui dengan kemampuan untuk menanyakan pengguna apakah mereka ingin menghentikan halaman tidak responsif dan perbaikan untuk kerusakan yang terjadi saat menggunakan tindakan Hapus Semua kata sandi. Juga, Epiphany sekarang tidak lagi menggunakan bilah gulir sistem dengan tema Adwaita, atau pembantu portal tawanan di bawah desktop Pantheon OS dasar.

GDM (Pengelola Tampilan GNOME) hadir dengan penggantian yang ditingkatkan ke sesi X.Org di layar masuk dan kemampuan untuk menggunakan kembali terminal virtual saat logout, Kotak GNOME sekarang memiliki kemampuan untuk menggunakan VNC untuk kotak ketika SPICE tidak tersedia, dan halaman Akun Pengguna Pusat Kontrol GNOME sekarang menampilkan perilaku kontrol orang tua yang ditingkatkan.

Juga diperbarui dalam Kandidat Rilis GNOME 41 adalah GNOME Aplikasi Maps, yang sekarang menampilkan tipe POI OSM terbaru untuk pengeditan, menyempurnakan penggunaan ikon keranjang belanja di hasil pencarian untuk digunakan hanya untuk tempat-tempat seperti supermarket, dan tangkapan layar yang diperbarui untuk mencerminkan peralihan ke sistem ubin osm.org scrollbar saat menggunakan Adwaita theme.

Beberapa sentuhan terakhir untuk desain baru GNOME Music juga hadir, bersama dengan peningkatan asinkron dan perbaikan untuk penghapusan lagu daftar putar yang digandakan. Manajer paket Perangkat Lunak GNOME juga mendapat beberapa peningkatan, seperti dukungan untuk kategori add-on, kemampuan untuk mengurutkan aplikasi baru dan yang diperbarui berdasarkan tanggal rilis pada halaman Kategori, ubin konteks dan dialog yang diubah, dan halaman Detail yang lebih baik untuk non-desktop apps.

Di bawah tenda, Kandidat Rilis GNOME 41 meningkatkan dukungan rotasi otomatis, mengaktifkan profil penghemat daya saat baterai rendah, meredupkan layar lebih cepat secara default, menggeneralisasi pemberitahuan baterai laptop, memfaktorkan ulang pemberitahuan baterai untuk perangkat eksternal, mengoptimalkan rendering zoom layar penuh, meningkatkan animasi peluncuran saat keluar dari Ringkasan Aktivitas, dan menambahkan kemampuan untuk mengotorisasi perangkat setelah layar dikunci.

Anda yang ingin mengambil pencapaian Release Candidate (RC) dari lingkungan desktop GNOME 41 mendatang untuk test drive dapat menggunakan image installer GNOME OS, snapshot resmi proyek BuildStream, atau paket sumber. Namun, perlu diingat bahwa ini masih versi pra-rilis, jadi jangan gunakan untuk pekerjaan produksi apa pun. Rilis final GNOME 41 diharapkan pada 22 September 2021.

Sumber: Google, 9to5linux.com

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: