KDE Gear 21.08 Mendapatkan Rilis Poin Pertama dengan Perbaikan Bug untuk Dolphin, Elisa, dan Spectacle


Proyek KDE hari ini mengumumkan rilis poin pertama dari rangkaian perangkat lunak open-source KDE Gear 21.08 terbaru untuk lingkungan desktop KDE Plasma dan proyek GNU/Linux lainnya.

KDE Gear 21.08.1 hadir hanya tiga minggu setelah rilis KDE Gear 21.08 software suite untuk memperbaiki berbagai bug dan gangguan di aplikasi Dolphin, Elisa, Spectacle, Konsole, Skanlite, KAlarm, Kate, Kdenlive, KMail, KolourPaint, KOrganizer, dan Okular, serta beberapa komponen inti.

Untuk pengelola file Dolphin, pembaruan KDE Gear 21.08.1 memperbaiki bug yang terjadi saat keluar dari aplikasi dan panel terminal yang disematkan terbuka, meningkatkan tindakan “Reset Zoom Level” agar berfungsi saat pratinjau file dinonaktifkan, menambahkan kemampuan untuk mengganti nama item dari panel Folder menu konteks, dan memperbaiki masalah yang membuat Dolphin membuka jendela baru setelah mengompresi atau mengekstrak file di Ark melalui aksi menu konteks.

Untuk pemutar musik Elisa, KDE Gear 21.08 poin pertama ini rilis meningkatkan tampilan File agar berfungsi dengan baik lagi, meningkatkan pintasan “trek berikutnya” dan “trek sebelumnya” dalam aplikasi (Ctrl+panah kanan/kiri) agar terdaftar dengan benar di jendela pengaturan, dan memperbaiki masalah yang membuat tampilan Elisa tombol “Show in Folder” untuk radio stream di halaman Now Playing.

Utilitas tangkapan layar Spectacle juga diperbarui agar tidak lagi menampilkan pesan kesalahan di sesi Plasma Wayland saat membatalkan proses pengambilan tangkapan layar di tengah, perbaiki Fitur “Otomatis salin ke clipboard setelah mengambil tangkapan layar” agar berfungsi dengan baik di sesi Plasma Wayland, dan tambahkan dukungan untuk mengambil tangkapan layar dengan resolusi yang tepat di sesi Plasma Wayland saat menggunakan penskalaan fraksional.

Di antara perubahan lainnya, aplikasi pemindaian gambar Skanlite telah diperbarui untuk menyimpan gambar yang dipindai dengan benar saat pratinjau tidak ditampilkan, aplikasi alarm pribadi KAlarm memperbaiki kerusakan yang terjadi saat meluncurkannya saat sedang dijalankan nning, penyorot semantik editor teks Kate sekarang menggunakan pengatur waktu untuk mengurangi jumlah permintaan yang dikirim, dan emulator terminal Konsole tidak lagi mogok saat menyetel efek blur.

Masalah “berkedip” jendela Konsole yang terjadi saat menutup sesi terakhir diperbaiki sebagai baik, bersama dengan perbaikan untuk korupsi efek kecerahan di editor video Kdenlive, penyandian yang tepat dari lampiran email yang diterima melalui maksud berbagi FairEmail, dukungan dasar untuk ekstraktor tiket domestik MAV (kereta api negara Hungaria), ekstraktor email konfirmasi Airdo, ekstraktor pkpass Regionado, dan dukungan untuk mengekstrak boarding pass Ryanair PDF dan email konfirmasi SNCF Ouigo di aplikasi asisten perjalanan digital Rencana Perjalanan KDE dan perpustakaan KItinerary-nya.

Untuk detail lebih lanjut tentang perubahan yang diterapkan dalam rilis poin pertama KDE Gear 21.08, lihat log perubahan lengkap. Sementara itu, jika Anda menggunakan lingkungan desktop KDE Plasma dan rangkaian perangkat lunak KDE Gear 21.08 terbaru di distribusi GNU/Linux Anda, perhatikan repositori perangkat lunak yang stabil untuk paket KDE Gear 21.08.1 dan perbarui instalasi Anda segera setelah kemungkinan.

Kredit gambar: KDE Project

Sumber: Google, 9to5linux.com

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: