KDE Plasma 5.23.2 Dirilis dengan Dukungan NVIDIA GBM, Lebih Banyak Perbaikan Bug


Proyek KDE hari ini mengumumkan ketersediaan umum KDE Plasma 5.23.2 sebagai rilis titik kedua untuk seri lingkungan desktop KDE Plasma 5.23 terbaru dan terhebat.

KDE Plasma 5.23.2 hadir hanya seminggu setelah KDE Plasma 5.23.1 dan memperkenalkan skala besar fitur untuk pengguna GPU NVIDIA, yaitu dukungan untuk backend GBM dari driver grafis NVIDIA. Seiring waktu, ini akan meningkatkan pengalaman Plasma untuk pengguna NVIDIA dalam banyak cara.

Jika Anda menggunakan sesi Plasma Wayland, Anda harus tahu bahwa KDE Plasma 5.23.2 meningkatkan halaman Touchpad di Pengaturan Sistem untuk menampilkan opsi dengan benar bagaimana Anda bisa klik kanan dan atasi bug yang menyebabkan jendela yang dimaksimalkan menjadi tidak responsif terhadap input mouse dan keyboard saat menggunakan pengaturan “BorderlessMaximizedWindows” yang tersembunyi.

Berbicara tentang input keyboard, rilis ini melihat kembalinya pintasan keyboard F10 untuk membuat folder di desktop, serta pintasan keyboard Shift+Delete untuk menghapus item di desktop secara permanen. Selain itu, KDE Plasma 5.23.2 meningkatkan bidang pencarian di seluruh desktop Plasma agar berfungsi dengan baik saat menggunakan keyboard virtual.

Pengelola paket grafis Plasma Discover menerima beberapa cinta juga dalam rilis poin ini, sekarang memungkinkan pengguna distro tertentu, seperti Fedora Linux, untuk segera menghapus aplikasi setelah diinstal tanpa harus keluar dan memulai ulang Discover.

Selanjutnya, tombol Instal Plasma Discover sekarang terlihat bagus pada sistem yang menjalankan KDE Plasma 5.23 dengan KDE Frameworks 5.86, dan menambahkan kemampuan untuk mendeteksi jika secara lokal -paket yang diunduh sudah terinstal ketika Anda mencoba menginstalnya, sehingga Anda dapat menghapusnya.

Di antara perubahan penting lainnya, KDE Plasma 5.23.2 meningkatkan fitur “Tetap buka” baru dari menu aplikasi Kickoff agar pop-up tetap terbuka saat Anda ingin meluncurkan aplikasi atau membuka item menu, serta tidak lagi menampilkan aplikasi dari kategori yang terakhir disorot di tampilan utama saat mengarahkan kursor mouse ke ” Pusat Bantuan” di bilah sisi.

Terakhir, rilis poin KDE Plasma 5.23 kedua ini mengembalikan kemampuan untuk menampilkan tindakan menu konteks desktop “Tambahkan ke Sampah” dan “Hapus”, meningkatkan dukungan untuk jendela konfigurasi applet Plasma di layar dengan resolusi 1024×768 saat menggunakan panel bawah, dan meningkatkan dukungan untuk pengaturan multi-monitor.

Ada lebih dari 30 perubahan yang disertakan dalam pembaruan ini, dan Anda dapat mempelajarinya di changelog lengkap.

Seperti biasa, distribusi rilis bergulir dan distro yang telah menerima lingkungan desktop KDE Plasma 5.23 akan mendapatkan rilis Plasma 5.23.2 poin hari ini atau akhir minggu ini, jadi pastikan Anda memperbarui instalasi Anda sesegera mungkin untuk pengalaman desktop KDE Plasma terbaik.

Sumber: Google, 9to5linux.com

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: