KDE Plasma 5.23 “25th Anniversary Edition” Memasuki Pengujian Beta Publik, Inilah Yang Baru


Proyek KDE hari ini mengumumkan ketersediaan umum untuk pengujian beta publik dari seri lingkungan desktop KDE Plasma 5.23 yang akan datang, yang dijuluki “Edisi Ulang Tahun ke-25”. itu akan menjadi rilis hebat yang memperkenalkan dukungan yang lebih baik untuk server tampilan Wayland generasi berikutnya, membuat desktop Plasma lebih stabil, lebih cepat, dan andal.

Peningkatan Plasma Wayland mencakup tempel klik tengah dan seret dan lepas item antara Wayland asli dan XWayland aplikasi, kemampuan untuk menyesuaikan pengaturan RGB Penyiaran driver GPU Intel, kemampuan untuk mengubah resolusi layar saat dijalankan di mesin virtual, dan gerakan touchpad yang lebih baik.

Selanjutnya, desktop virtual sekarang diingat berdasarkan aktivitas, ada yang baru animasi rotasi layar dan ikon kursor animasi baru dan umpan balik Pengelola Tugas saat meluncurkan aplikasi, dan Sistem tem Tray sekarang akan memberi tahu pengguna ketika ada sesuatu yang merekam layar.

KDE Plasma 5.23 juga mengemas banyak fitur dan peningkatan baru lainnya, seperti peluncur aplikasi Kickoff yang ditingkatkan yang sekarang memungkinkan pengguna memilih antara daftar atau kisi untuk tampilan Semua Aplikasi, pin peluncur untuk tetap berada di layar selama yang Anda inginkan, serta kemampuan untuk mengonfigurasi tombol tindakan daya dan sesi.

Pengelola paket Plasma Discover telah ditingkatkan untuk memuat lebih cepat dan menunjukkan kepada Anda nama sumber dari mana aplikasi akan dipasang di tombol instal. Hal ini juga membawa kemampuan untuk mempertahankan tata letak multi-layar di sesi X11 dan Wayland.

“Plasma 25th Anniversary Edition adalah lompatan maju dalam pencarian desktop yang lebih berkinerja dan dapat digunakan. Kami telah meningkatkan kecepatan dan stabilitas Plasma, sambil menyertakan perubahan yang membuatnya lebih mudah digunakan baik di desktop maupun perangkat yang mendukung sentuhan,” kata Proyek KDE.

Rilis KDE Plasma 5.23 juga menjanjikan efek “Windows Sekarang” yang dirubah, dan tema Breeze yang jauh lebih baik dengan tombol yang didesain ulang, kotak centang, item menu, tombol radio, bilah gulir, bilah geser, dan kotak putar, latar belakang buram untuk widget desktop, dan pemintal pemuatan roda gigi baru di seluruh aplikasi Plasma dan KDE.

Aplikasi Pengaturan Sistem telah ditingkatkan serta memungkinkan pengguna mengatur status adaptor Bluetooth saat login, mengatur ulang daftar kecepatan refresh layar, serta meningkatkan fitur pencarian dan privasi. Selain itu, halaman Warna Pengaturan Sistem sekarang memungkinkan Anda mengganti warna aksen skema warna.

Di antara perubahan penting lainnya, KDE Plasma 5.23 beta menambahkan tombol login sederhana pada layar login untuk akun tanpa kata sandi, memperbarui applet Plasma-Networks dengan dukungan untuk pengaturan otentikasi tambahan untuk koneksi OpenVPN, dan menghilangkan efek transparan pada windows saat memindahkan atau mengubah ukurannya.

Tentu saja, banyak crash dan hang telah diperbaiki, jadi KDE Plasma 5.23 harus lebih stabil dan dapat diandalkan. Jika Anda ingin mencoba versi beta, saya sangat menyarankan untuk mengunduh KDE neon Unstable Edition terbaru. Namun, harap diingat bahwa ini adalah perangkat lunak pra-rilis, tidak disarankan untuk penggunaan produksi.

Kredit gambar: KDE

Sumber: Google, 9to5linux.com

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: