Kerangka KDE 5.87 Membuat Plasma Discover Lebih Cepat, Meningkatkan Dukungan untuk Aplikasi Kirigami


Proyek KDE hari ini merilis KDE Frameworks 5.87 sebagai pembaruan bulanan untuk September 2021 untuk koleksi lebih dari 80 add-on library ke Qt yang menyediakan berbagai fungsionalitas yang umum dibutuhkan untuk lingkungan desktop Plasma dan ekosistem aplikasinya.

KDE Frameworks 5.87 ada di sini untuk membuat manajer paket grafis Plasma Discover lebih cepat saat memeriksa pembaruan dan saat memuat konten awal dari kategori Add-On mana pun, memperbaiki kerusakan di pengelola file Dolphin, desktop Plasma, dan aplikasi KDE lainnya saat membatalkan salinan file , dan untuk menambahkan ikon di tema ikon Breeze untuk berbagai jenis file Godot Engine.

Selanjutnya, KDE Frameworks 5.87 sangat meningkatkan dukungan untuk aplikasi berbasis Kirigami dengan membuat teks header di toolbar mereka lebih kecil agar lebih cocok dengan skala segala sesuatu di sekitarnya, tambahkan spasi yang benar antara item dalam tata letak formulir sempit dan gaya seluler dalam grup, tambahkan dukungan untuk menavigasi di antara item daftar bilah sisi u menyanyikan tombol panah dan Enter, serta menyembunyikan beberapa header tekstual.

Fitur baru yang diperkenalkan dalam pembaruan Kerangka KDE baru ini adalah dukungan untuk elemen UI dasar di lingkungan desktop Plasma untuk mengikuti gaya yang sama yang diluncurkan baru-baru ini untuk aplikasi KDE , meningkatkan visibilitas efek fokus, terutama untuk kotak centang dan bilah geser.

Yang juga baru adalah opsi menu konteks “Hasilkan Barecode” di menu “Bagikan” standar yang ditemukan di berbagai aplikasi KDE, yang memungkinkan pengguna menghasilkan kode QR dengan lebih mudah saat dari sebuah URL. Selain itu, saat membuat kode QR untuk teks menggunakan opsi menu konteks di applet Clipboard dan menu “Bagikan”, fungsi tersebut sekarang disebut sebagai kode QR daripada kode batang.

Juga ditingkatkan di KDE Frameworks 5.87 adalah versi 22x22px dari ikon preferensi Breeze, yang sekarang sempurna piksel dan terlihat lebih baik di mana pun mereka ditampilkan pada ukuran itu, seperti di bilah sisi Pengaturan Sistem, ikon KTimeTracker, dialog properti untuk menampilkan nama file untuk file hanya-baca, serta bilah header di atas banyak applet Plasma untuk menghormati skema warna sistem Anda.

Di antara perubahan lainnya, ada item menu konteks baru di dialog Buka untuk memudahkan pengguna membuka file yang dipilih di aplikasi eksternal yang berbeda, file yang disalin menggunakan aplikasi KDE sekarang menggunakan izin yang sama seperti yang mereka miliki di lokasi aslinya, file ACL yang diatur dalam dialog Properti sekarang diterapkan dengan benar saat membuka kembali dialog setelah mengubahnya, dan efek sorotan t ditingkatkan untuk item daftar yang dapat diperluas di System Tray.

Juga layak disebutkan adalah bahwa pemintal gaya-gigi Plasma yang baru diperkenalkan untuk pemuatan aplikasi dan indikator kemajuan pemintalan lainnya telah dihapus untuk saat ini karena tidak terlihat bagus dalam beberapa konteks, dan Jendela Aturan Jendela sekarang dengan benar menunjukkan konten/kontrol footernya saat diakses dari menu konteks bilah judul jendela. Untuk detail lebih lanjut tentang perubahan yang diterapkan dalam rilis KDE Frameworks 5.87, lihat changelog.

Images lengkap milik Nate Graham

Sumber: Google, 9to5linux.com

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: