Kernel GNU Linux-Libre 5.15 Hadir untuk Mereka yang Mencari Kebebasan 100% untuk PC mereka


Alexandre Oliva hari ini mengumumkan rilis dan ketersediaan umum kernel GNU Linux-libre 5.15 bagi mereka yang mencari kebebasan 100% untuk komputer GNU/Linux mereka.

Berdasarkan seri kernel Linux 5.15, kernel GNU Linux-libre 5.15 ada di sini untuk dibersihkan up banyak driver dalam upaya untuk menawarkan kernel murni bebas dari kode kepemilikan. Driver yang perlu dibersihkan termasuk adreno, btusb, btintel, brcmfmac, dan gehc-achc.

Selain itu, rilis ini membersihkan file devicetree varian AArch64 qcom baru, menghapus skrip pembersihan untuk driver prisma54 dan rtl8188eu, yang dihapus di bagian hulu mendukung driver baru yang perlu dibersihkan juga, dan itu membersihkan mekanisme di balik opsi baru untuk mengaktifkan -Werror selama kompilasi.

” Sangat sering, kami membersihkan string format yang digunakan untuk membuat nama firmware, yang membuat argumen printf tidak digunakan. Ini semua diharapkan untuk pohon yang dibersihkan dengan mesin saat ini, jadi saya telah mengatur peringatan tentang masalah ini agar tidak menabrak kesalahan bahkan jika CONFIG_WERROR diaktifkan, ”kata Alexandre Oliva.

Selain driver dan file yang di-deblobbed, Kernel GNU Linux-libre 5.15 mencakup fitur dan peningkatan baru yang sama dengan kernel Linux 5.15 upstream, seperti implementasi sistem file NTFS baru yang berfungsi penuh, penguncian preemption waktu nyata, server SMB3 dalam kernel yang disebut ksmbd, fitur Btrfs dan XFS baru , dan DAMON (Data Access MOnitor).

Linux kernel 5.15 juga menghadirkan fitur dukungan I/O langsung pada file yang tidak dikompresi dalam sistem file EROFS, kemampuan untuk memigrasi halaman memori ke memori persisten, dukungan untuk mekanisme jejak yang telah dialokasikan sebelumnya di IOAM subsistem, dukungan untuk protokol Management Component Transport Protocol (MCTP), dan dukungan data out-of-band untuk domain-unix sockets.

Tanpa basa-basi lagi, jika Anda ingin membangun GN gratis 100% Komputer U/Linux yang tidak menyertakan kode kepemilikan, Anda dapat mengunduh dan menginstal kernel GNU Linux-libre 5.15 sekarang juga dari situs resminya. Anda dapat menginstalnya di hampir semua distribusi GNU/Linux gratis, tetapi pengembang menyediakan paket biner siap pakai untuk distro berbasis Debian dan Red Hat juga.

Kredit gambar: GNU Linux-libre

Sumber: Google, 9to5linux.com

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: