Kernel Linux 5.13 Mencapai Akhir Masa Pakainya, Pengguna Didesak untuk Upgrade ke Kernel Linux 5.14


Ini adalah pengingat ramah bahwa seri kernel Linux 5.13 mencapai akhir masa pakainya dan tidak akan lagi didukung dengan pembaruan keamanan.

Dirilis pada 27 Juni 2021, kernel Linux 5.13 adalah salah satu rilis yang lebih besar di seri Linux 5.x dengan lebih dari 16.000 komitmen disumbangkan oleh lebih dari 2000 pengembang. Ini memperkenalkan dukungan awal FreeSync HDMI untuk GPU AMD, dukungan awal untuk prosesor M1 Apple, dan dukungan untuk modul keamanan Landlock.

Ini juga membawa peningkatan dukungan untuk sistem file exFAT, dukungan driver untuk GPU AMD NAVI, dukungan awal untuk AMD Radeon “ Seri GPU Aldebaran”, opsi pemasangan SMB3 baru yang mengarah pada peningkatan kinerja, serta lebih banyak barang untuk sistem file EXT4.

Pada tanggal 18 September 2021, pengembang kernel Linux terkenal Greg Kroah-Hartman menerbitkan apa yang tampaknya merupakan pembaruan pemeliharaan terakhir untuk kernel Linux seri 5.13, Linux 5.13.19, mengatakan bahwa cabang tersebut sekarang telah berakhir dan mendesak semua orang untuk meningkatkan ke seri kernel Linux 5.14 terbaru.

“Catatan, ini adalah rilis kernel 5.13.y TERAKHIR. Cabang ini sekarang sudah berakhir. Semua orang harus pindah ke cabang kernel 5.14.y sekarang,” kata Greg Kroah-Hartman dalam pengumuman milis.

Pada hari ini, 22 September 2021, kernel Linux 5.13 sekarang ditandai sebagai EOL (End-of-Life) pada situs web kernel.org, yang berarti tidak akan lagi menerima pembaruan pemeliharaan, versi 5.13.19 menjadi yang terakhir dalam seri.

Karena itu, jika distribusi GNU/Linux Anda menggunakan Linux 5.13, Anda harus mempertimbangkan untuk memutakhirkan ke kernel Linux 5.14 secepat mungkin. Jika Anda tidak dapat melakukannya sendiri, minta pengelola distro Anda untuk memutakhirkan paket kernel.

Di atas fitur yang disebutkan di atas, kernel Linux 5.14 menghadirkan driver grafis AMDGPU yang jauh lebih baik untuk GPU AMD, peningkatan lebih lanjut pada file EXT4 sistem, fitur baru untuk sistem file F2FS, subsistem libata baru untuk mengontrol perangkat IDE, dan banyak lagi.

Sayangnya, kernel Linux 5.14 juga tidak akan menjadi rilis LTS (dukungan jangka panjang), tetapi saat ini merupakan versi stabil terbaru kernel branch tersedia untuk distribusi GNU/Linux dan Anda harus menggunakannya jika Anda tidak mengandalkan salah satu dari banyak cabang jangka panjang yang didukung.

Distribusi rolling-release populer seperti Arch Linux dan openSUSE Tumbleweed telah mengadopsi seri kernel Linux 5.14, versi terbaru adalah 5.14.7, dirilis hari ini 22 September 2021, dan saya yakin distro populer lainnya seperti Fedora Linux akan mengirimkan Linux 5.14 dalam repositori mereka juga dalam beberapa hari mendatang.

Sumber: Google, 9to5linux.com

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: