Kernel Linux 5.14 Mencapai Akhir Masa Pakainya, Pengguna Didesak untuk Upgrade ke Linux 5.15 LTS


Waktunya telah tiba untuk mengucapkan selamat tinggal pada seri kernel Linux lainnya, Linux 5.14, yang sekarang sudah berakhir dan tidak akan menerima pembaruan lebih lanjut, jadi inilah saatnya untuk meningkatkan ke cabang kernel yang lebih baru.

Linux kernel 5.14 dirilis hampir tiga bulan yang lalu, pada tanggal 30 Agustus 2021, dalam perayaan ulang tahun ke-30 Linux, dan Linux memperkenalkan beberapa fitur menarik, dimulai dengan perlindungan yang lebih baik terhadap kerentanan Spectre yang mengganggu itu dan dilanjutkan dengan dukungan yang jauh lebih baik untuk GPU AMD.

Hari ini, 21 November, pengembang kernel Linux terkenal Greg Kroah-Hartman mengumumkan rilis kernel Linux 5.14.21 sebagai pembaruan pemeliharaan kedua puluh satu dan juga yang terakhir dalam seri ini. Ya, benar, Linux 5.14 sekarang ditandai sebagai EOL (End of Life) di situs kernel.org dan tidak akan didukung lagi.

“Catatan, ini adalah rilis kernel 5.14.y TERAKHIR. Sekarang adalah akhir dari kehidupan. Silakan pindah ke cabang kernel 5.15.y pada saat ini,” kata Greg Kroah-Hartman dalam pengumuman milis.

Namun, kabar baiknya adalah Anda akan mengupgrade ke kernel Linux 5.15 yang baru saja dirilis, yang merupakan sebuah seri LTS (Long-Term Support) yang didukung setidaknya selama beberapa tahun, hingga Oktober 2023.

Fakta menarik: semua kernel yang didukung sekarang adalah LTS.

Linux kernel 5.15 membawa banyak kelebihan dari kernel Linux 5.14, seperti kernel baru dan implementasi sistem file NTFS yang berfungsi penuh, server SMB dalam kernel, penguncian preemption waktu nyata, fitur Btrfs baru, dukungan multicast per-VLAN, dukungan untuk konsol Nintendo Wii, driver gpio-virtio baru, DAMON (Monitor Akses Data), dan banyak hal menarik lainnya untuk dimainkan.

Tanpa basa-basi lagi, jika distribusi GNU/Linux Anda menggunakan kernel Linux 5.14, Anda harus mempertimbangkan untuk memutakhirkan ke kernel Linux 5.15 sesegera mungkin. Jika Anda tidak dapat melakukannya sendiri, Anda harus meminta pengelola distribusi Anda untuk memutakhirkan paket kernel ke versi terbaru Linux 5.15 point release.

Sumber: Google, 9to5linux.com

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: