LibreELEC 10 “Matrix” Dirilis dengan Dukungan Raspberry Pi 4 yang Lebih Baik


LibreELEC 10 distribusi Linux yang cukup untuk Kodi telah secara resmi dirilis untuk perangkat yang disematkan dan sekarang tersedia untuk diunduh berdasarkan seri pusat media open-source Kodi 19 “Matrix” terbaru.

LibreELEC 10 ada di sini untuk membawa Kodi 19 “Matrix” ke LibreELEC pengguna dan hadir dengan dukungan yang lebih baik untuk perangkat Raspberry Pi 4, mendukung output HDMI hingga 4Kp30, output HDR (HDR10 dan HLG), passthrough audio HD (Dolby TrueHD dan DTS HD), serta decoding perangkat keras H264 dan H265.

Namun, ada masih banyak pemblokir yang mungkin tidak memungkinkan Anda menikmati pengalaman LibreELEC yang sempurna di Raspberry Pi 4 SBC. Misalnya, tidak ada deinterlacing dengan dekoder video perangkat keras, output video 10-bit dan 12-bit tidak diterapkan, dan add-on Hyperion tidak lagi berfungsi karena tidak mendukung tumpukan driver grafis baru.

Sebagai pengembang fokus pada dukungan Raspberry Pi 4, rilis ini menjatuhkan dukungan untuk Raspberry Pi Zero dan SBC Raspberry Pi generasi pertama, hanya menawarkan driver yang tidak lengkap dan tidak stabil untuk model Raspberry Pi 2 dan 3. Driver yang stabil dan berfungsi dengan baik disediakan untuk perangkat Allwinner, Generic, dan Rockchip.

Di antara perubahan penting lainnya, LibreELEC 10 menawarkan dua alternatif sebagai solusi untuk masalah tampilan pada pengaturan hdmi_mode, hdmi_group, hdmi_edid_file, dll dalam file config.txt. Ini adalah perintah getedid create untuk menginstal file EDID permanen dan parameter kernel video=… untuk memaksa mode video.

Analog output audio dinonaktifkan secara default dalam rilis ini, jadi Anda harus menambahkan dtparam=audio= aktif dan opsi audio_pwm_mode=1 ke file config.txt untuk mengaktifkannya. Di bawah tenda, LibreELEC 10 didasarkan pada rilis Kodi 19.1 dari pusat media populer dan sumber terbuka.

Anda dapat mengunduh LibreELEC 10 untuk perangkat Anda sekarang dari situs web resmi. Pengguna yang menjalankan versi pengembangan LibreELEC 10 (Beta atau RC1) akan diperbarui secara otomatis ke versi final, sementara pengguna LibreELEC 9.2 harus memperbarui instalasi mereka secara manual.

Sumber: Google, 9to5linux.com

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: