Lingkungan Desktop GNOME 41 Memasuki Pengujian Beta dengan Aplikasi Baru, Dukungan Wayland yang Lebih Baik


Proyek GNOME hari ini mempromosikan lingkungan desktop GNOME 41 mendatang ke saluran beta untuk pengujian publik menjelang rilis final bulan depan pada 22 September.

GNOME 41 akan menjadi pembaruan besar pertama untuk lingkungan desktop populer sejak rilis GNOME 40 dengan Tinjauan Aktivitas yang didesain ulang, dan menjanjikan aplikasi baru, fitur baru, serta berbagai peningkatan dan perbaikan bug.

Sorotan GNOME 41 menyertakan aplikasi Panggilan baru yang berfungsi sebagai dialer telepon dan penangan panggilan, sebagian besar berguna untuk perangkat seluler tetapi mampu melakukan VoIP panggilan juga, dan dukungan untuk manajer login GDM untuk memungkinkan sesi pengguna Wayland meskipun layar login ada di X.Org, serta untuk vendor GPU tunggal mesin NVIDIA.

GNOME Kalender sekarang mendukung pembukaan file ICS dan mengimpor acara dan yang baru popover pratinjau acara, Pusat Kontrol GNOME akan dikirimkan dengan dua panel baru, Seluler dan Multitasking, Disk GNOME sekarang menggunakan LUKS2 untuk partisi terenkripsi baru, dan GNOME Music memiliki UI yang diubah. Perangkat Lunak GNOME juga dilengkapi dengan UI yang sedikit diubah, dan pengelola file Nautilus memiliki beberapa perubahan, termasuk dialog “Kompres…” yang didesain ulang, dukungan untuk membuat arsip ZIP yang dilindungi kata sandi, tautan ke Pengaturan Privasi dari Sampah, penyatuan opsi “Buka dengan …” di menu konteks, dan banyak lagi.

Rilis beta lingkungan desktop GNOME 41 sekarang tersedia untuk pengujian publik, dan Anda dapat mengambilnya untuk uji coba dengan mengunduh penginstal image, yang juga ditujukan bagi pengembang ekstensi untuk mem-porting ekstensi mereka ke rilis mendatang, atau dengan mengompilasinya menggunakan snapshot resmi proyek BuildStream.

Saat menguji GNOME 41 beta, harap diingat bahwa ini adalah perangkat lunak berkualitas beta, yang berarti bahwa beberapa fitur mungkin tidak lengkap dan hal-hal mungkin macet. Oleh karena itu, Anda TIDAK boleh menggunakannya untuk pekerjaan produksi apa pun.

Sumber: Google, 9to5linux.com

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: