Lingkungan Desktop KDE Plasma 5.23 Keluar Sekarang untuk Merayakan 25 Tahun KDE


Proyek KDE hari ini mengumumkan rilis dan ketersediaan umum lingkungan desktop KDE Plasma 5.23, pembaruan besar yang menghadirkan fitur dan peningkatan baru, dan juga memperingati 25 tahun KDE.

Pada 14 Oktober 2021, Proyek KDE genap berusia 25 tahun, dan cara yang lebih baik untuk merayakannya selain dengan rilis desktop Plasma baru. KDE Plasma 5.23 keluar sekarang dan membawa lebih dari 120 perubahan untuk membuat lingkungan desktop tercinta lebih stabil, andal, dan menyenangkan dari sebelumnya.

“Plasma 25th Anniversary Edition adalah lompatan maju dalam pencarian desktop yang lebih berkinerja dan dapat digunakan. Kami telah meningkatkan kecepatan dan stabilitas Plasma, sambil memasukkan perubahan yang membuatnya lebih mudah digunakan baik di desktop maupun perangkat yang mendukung sentuhan,” kata KDE.

Wayland menjadi semakin matang dan populer, digunakan secara default oleh banyak GNU/ yang terkenal. Distribusi Linux seperti Fedora Linux atau Ubuntu, sehingga rilis KDE Plasma 5.23 membawa banyak perbaikan pada sesi Plasma Wayland-nya.

Ini termasuk kemampuan untuk menarik dan melepas dan mengeklik tengah menempelkan hal-hal antara aplikasi Wayland dan XWayland asli, kemampuan untuk menyesuaikan Siaran Pengaturan RGB dari driver grafis Intel, gerakan touchpad yang lebih intuitif, serta dukungan untuk mengingat desktop virtual per aktivitas.

Ada juga animasi rotasi layar baru, peralihan pengguna yang lebih cepat, ikon umpan balik animasi saat meluncurkan aplikasi, notifikasi baru di area baki sistem untuk memberi tahu Anda ketika ada sesuatu yang merekam layar Anda dan memungkinkan Anda untuk membatalkannya, serta kemampuan untuk mengubah layar kembali solusi saat menjalankan Plasma di mesin virtual.

Selanjutnya, teks yang disalin dari dalam desktop Plasma sekarang akan muncul di papan klip global, membuka kembali aplikasi dengan keadaan jendela yang dimaksimalkan sekarang akan membukanya di layar dengan kursor mouse di atasnya , dan Plasma sekarang mempertahankan tata letak multi-layar di seluruh sesi X11 dan Wayland. Tentu saja, banyak bug dan crash sial lainnya yang tergencet untuk membuat Plasma Wayland lebih dapat digunakan sebagai driver harian.

Selain peningkatan Plasma Wayland, KDE Plasma 5.23 membuat pengelola paket grafis Plasma Discover lebih cepat dimuat dan lebih transparan dengan menunjukkan kepada Anda nama sumber di tombol instal aplikasi, dan menambahkan tombol pin ke menu aplikasi Kickoff sehingga Anda dapat menyematkan menu di layar, bersama dengan kemampuan untuk mengonfigurasi tombol tindakan Daya/Sesi.

Plasma dikenal sebagai salah satu yang paling tampan Lingkungan desktop Linux di luar sana, jadi Edisi Ulang Tahun ke-25 memperkenalkan opsi baru untuk membuat Plasma lebih menyenangkan untuk digunakan. Ini termasuk tema Breeze yang diperbarui dengan tombol yang didesain ulang, kotak centang, item menu, tombol radio, bilah gulir, bilah geser, dan kotak putar, serta dukungan untuk mengganti warna aksen skema warna di halaman Warna Pengaturan Sistem.

Tapi tunggu, masih ada lagi! Plasma 5.23 juga meningkatkan Pengaturan Sistem untuk memudahkan pengguna menemukan berbagai opsi dengan fungsi pencarian yang jauh lebih baik, mengubah kecepatan refresh layar, mengatur status adaptor Bluetooth mereka saat login, mengembalikan pengaturan tampilan yang tidak diinginkan, mencegah geolokasi menggunakan ketiga- layanan pesta di halaman Warna Malam, serta untuk menyinkronkan pengaturan layar Anda di halaman Layar Masuk.

Widget dan Applet memperkaya pengalaman desktop Plasma Anda, jadi rilis ini menambahkan lebih banyak detail tentang jaringan yang terhubung saat ini dan memungkinkan Anda menonaktifkan IPv6 di Plasma NetworkManager , menunjukkan rata-rata beban pada Monitor Sistem dan widget sensor, memungkinkan applet Volume Audio untuk membedakan antara aplikasi yang memutar atau merekam audio, dan memungkinkan Anda menghapus item yang dipilih di popup applet Clipboard.

Perubahan penting lainnya mencakup tiga profil daya, termasuk “penghemat daya”, “seimbang” dan “kinerja”, ditingkatkan ke mode tablet untuk membuat Plasma lebih mudah digunakan pada layar sentuh reens, tampilan yang lebih “seperti menu” untuk applet Menu Global, dukungan yang lebih baik untuk aplikasi Flatpak dan Snap, dukungan yang ditingkatkan untuk pengaturan multi-monitor, dan dukungan yang lebih baik untuk tablet gambar Bluetooth.

Lingkungan desktop KDE Plasma 5.23 sudah dirilis hari ini dan itu akan segera tersedia di repositori perangkat lunak dari berbagai distribusi rilis bergulir yang populer seperti KDE neon, openSUSE Tumbleweed, dan Arch Linux. Dalam kombinasi dengan rilis terbaru KDE Frameworks 5.87 dan KDE Gear 21.08.2 software suite, Plasma mungkin adalah salah satu lingkungan desktop terbaik, modern, dan kompleks yang dapat Anda gunakan di distro.
Linux Anda.

Sumber: Google, 9to5linux.com

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: