Lingkungan Desktop KDE Plasma 5.24 untuk Memperkenalkan Dukungan untuk Pembaca Sidik Jari


Lingkungan desktop KDE Plasma 5.24 yang akan datang akan memperkenalkan dukungan untuk pembaca sidik jari untuk memungkinkan pengguna mengautentikasi ke sesi Plasma mereka lebih cepat, lebih mudah, dan lebih aman.

Pengembang KDE terkenal Nate Graham hari ini membagikan berita besar bahwa fitur otentikasi sidik jari, yang ada di pengembangan cukup lama sekarang, akhirnya telah digabungkan dan akan siap untuk digunakan sebagai bagian dari seri lingkungan desktop KDE Plasma 5.24 yang akan datang, yang akan dirilis tahun depan. Dukungan otentikasi sidik jari telah diimplementasikan di panel Pengguna di Pengaturan Sistem. Di sana, pengguna yang memiliki pembaca sidik jari, baik yang terpasang di laptop atau sebagai perangkat eksternal, akan dapat mendaftar, serta membatalkan pendaftaran sidik jari.

Setelah fitur otentikasi sidik jari diatur, Anda akan dapat tidak hanya untuk masuk menggunakan jari Anda, tetapi juga untuk mengautentikasi dalam aplikasi yang memerlukan kata sandi atau hak administratif. Ini dia beraksi!
Images milik Nate Graham
“Sejauh ini kami membiarkan Anda mendaftarkan dan membatalkan pendaftaran jari, dan jari mana pun dapat digunakan untuk membuka kunci layar, memberikan autentikasi saat aplikasi meminta kata sandi Anda, dan juga autentikasi sudo di baris perintah! Ini benar-benar keren,” kata Nate Graham.

Lingkungan desktop KDE Plasma 5.24 dijadwalkan untuk dirilis pada 8 Februari 2021.

Selain dukungan untuk pembaca sidik jari, ia menjanjikan banyak fitur dan peningkatan baru lainnya, termasuk kemampuan untuk mengaktifkan, menonaktifkan, dan hapus repo Flatpak di Plasma Discover, lebih banyak peningkatan Plasma Wayland, layar kunci yang sedikit diubah, dukungan untuk tema terang dan gelap di semua aplikasi, navigasi keyboard untuk applet Jaringan dan Clipboard, dan banyak lagi.

Sampai saat itu, KDE Plasma 5.23 ada di sini dan itu siap untuk menaklukkan desktop Linux Anda. Rilis poin kedua, KDE Plasma 5.23.2, akan tersedia minggu depan dengan dukungan awal untuk backend GBM driver NVIDIA, sebuah fitur yang menjanjikan untuk secara dramatis meningkatkan pengalaman desktop Plasma untuk pengguna GPU NVIDIA.

Sumber: Google, 9to5linux.com

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: