Linus Torvalds Mengumumkan Kandidat Rilis Kernel Linux 5.15 Pertama


Saat jendela penggabungan dua minggu ditutup hari ini, seri kernel Linux 5.15 yang akan datang sekarang siap untuk pengujian publik karena Linus Torvalds baru saja mengumumkan ketersediaan pencapaian Release Candidate (RC) pertama.

Sudah dua minggu sejak rilis kernel Linux 5.14 , yang perlahan-lahan masuk ke repositori perangkat lunak stabil dari berbagai distribusi GNU/Linux populer, dan sekarang saatnya untuk keluar dan menguji seri kernel baru lainnya, Linux 5.15, yang akan dirilis nanti musim gugur ini.

Linux 5.15 tampaknya belum rilis lain yang berfokus pada peningkatan lebih lanjut dukungan untuk CPU dan GPU AMD, tetapi juga akan menghadirkan fitur-fitur baru seperti dukungan NTFS3 dan KSMBD (CIFS/SMB3), dan driver baru dan yang diperbarui seperti biasa untuk dukungan perangkat keras yang lebih baik. Tapi secara keseluruhan, ini terlihat seperti rilis kecil.

“Hanya lebih dari 10k komit non-gabungan, ini sebenarnya adalah rc1 terkecil yang kami miliki dalam seri 5.x,” kata Linus Torvalds. “Dan sementara ini tidak ada di sana dengan beberapa rilis yang lebih besar, itu sebenarnya menjadi salah satu jendela penggabungan yang lebih berantakan.”

Yang hanya sedikit yang tahu adalah bahwa Linux 5.15 akan menjadi rilis kernel besar terakhir tahun ini, yang berarti bisa jadi seri LTS (Dukungan Jangka Panjang) berikutnya, didukung setidaknya selama beberapa tahun. Tentu saja, informasi ini perlu dikonfirmasi oleh pengembang kernel Linux Greg Kroah-Hartman.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, rilis final kernel Linux 5.15 diharapkan pada Halloween jika Linus Torvalds memutuskan untuk tetap pada tujuh Kandidat Rilis, atau pada 7 November, jika total delapan tonggak RC akan dipublikasikan selama seluruh siklus pengembangan.

Sampai saat itu, jika Anda ingin membantu pengembang kernel menemukan dan memperbaiki bug di kernel Linux 5.15, lanjutkan dan unduh Kandidat Rilis pertama dari situs web kernel.org. Saat mengujinya, harap diingat bahwa ini adalah versi pengembangan awal, TIDAK cocok untuk digunakan pada mesin produksi.

Sumber: Google, 9to5linux.com

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: