Linus Torvalds Mengumumkan Kandidat Rilis Kernel Linux 5.16 Pertama


Jendela penggabungan dua minggu untuk kernel Linux 5.16, rilis kernel Linux utama berikutnya, ditutup hari ini, dan, seperti yang diharapkan, berakhir dengan ketersediaan untuk pengujian publik dari Kandidat Rilis pertama.

Sementara kernel Linux 5.15 malu untuk muncul di repositori perangkat lunak yang stabil dari beberapa distribusi GNU/Linux paling populer akhir-akhir ini (petunjuk: baru saja mencapai repo Arch Linux pada hari Jumat), pengembangan pada seri kernel utama berikutnya, Linux 5.16, sedang meningkat, dan sekarang saatnya untuk keluar dan menguji RC (Release Candidate) pertama.

Linus Torvalds hari ini baru saja mengumumkan pencapaian pertama Kandidat Rilis dari kernel Linux 5.16, yang menjanjikan untuk menjadi rilis hebat bagi para gamer Linux karena menambahkan panggilan sistem FUTEX2 Collabora yang menghadirkan kinerja yang lebih baik dalam game modern dengan penggunaan CPU yang lebih efisien saat menggunakan alat kompatibilitas berbasis Proton Wine Valve untuk Steam Play yang memungkinkan Anda memainkan banyak game Windows di Linux.

“Menggunakan futex di Wine kami menggunakan cas e mengurangi penggunaan CPU sebesar 4% untuk game Beat Saber dan 1,5% untuk game Shadow of Tomb Raider, keduanya berjalan di atas Proton, jika dibandingkan dengan antarmuka eventfd,” jelas pengembang Collabora Gabriel Krisman Bertazi.

Selain itu, Linux kernel 5.16 tidak terlihat seperti rilis besar, tetapi tidak sekecil kernel Linux 5.15, menurut Linus Torvalds. GPU, jaringan, suara, dan pekerjaan pementasan menonjol dalam rilis ini, tetapi ada juga dukungan perangkat keras yang jauh lebih baik dan perbaikan bug dan keamanan yang biasa.

Rilis final kernel Linux 5.16 diharapkan pada awal Januari 2022.

Mengingat fakta bahwa Natal dan perayaan Malam Tahun Baru mungkin akan berdampak negatif dalam pengembangan kernel Linux 5.16, kami melihat 9 Januari sebagai tanggal rilis final, tetapi itu juga tergantung pada jumlah total pencapaian Kandidat Rilis yang diterbitkan selama seluruh siklus pengembangan .

Sampai saat itu, jika Anda ingin membantu pengembang kernel menemukan dan memperbaiki bug di kernel Linux 5.16, silakan dan unduh Kandidat Rilis pertama dari situs web kernel.org. Namun, harap diingat bahwa ini adalah versi pengembangan awal, TIDAK cocok untuk digunakan di mesin produksi.

Sumber: Google, 9to5linux.com

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: