Linux Lite 5.6 Berbasis Ubuntu Dirilis dengan Model Unduhan ‘Bayar Apa yang Anda Inginkan’


Pengembang dan pengelola utama Linux Lite Jerry Bezencon hari ini mengumumkan rilis final dari distribusi Linux Lite 5.6, pembaruan besar untuk OS berbasis Ubuntu ini untuk pengguna rumah dan kantor yang sebagian besar ditargetkan pada mereka yang ingin beralih dari Windows atau macOS ke Linux .

Setelah beberapa bulan pengembangan, Linux Lite 5.6 hadir berdasarkan rilis titik Ubuntu 20.04.3 LTS yang baru-baru ini dirilis dalam seri sistem operasi Ubuntu 20.04 LTS (Focal Fossa), tetapi dikirimkan dengan kernel Linux 5.4 LTS secara default, bukan kernel Linux 5.11 HWE (Hardware Enablement) yang lebih baru dipinjam dari rilis Ubuntu 21.04 (Hirsute Hippo).

Namun, pengguna Linux Lite akan dapat menginstal kernel apa pun yang mereka inginkan dari Linux 3.13 hingga Linux 5.14 terbaru dari repositori distro. Selain itu, rilis Linux Lite 5.6 dikirimkan dengan Python3 sebagai implementasi default Python, kemampuan untuk menginstal Linux Lite langsung dari alat Selamat Datang Lite, Panduan Bantuan yang diperbarui dan tema ikon Papirus, wallpaper baru, dan berbagai perbaikan bug.

Selain itu, Linux Lite 5.6 memperkenalkan dua fitur baru pada utilitas Lite Tweaks bawaan, seperti dukungan lengkap untuk browser Brave untuk membersihkan cache dan kemampuan untuk mengaturnya sebagai browser web default, serta kemampuan untuk mengedit GRUB menu boot untuk menampilkan entri penamaan yang benar sebagai “Linux Lite”, tetapi ini hanya berfungsi jika Linux Lite mengontrol bootloader GRUB.

Perubahan penting dalam rilis ini adalah kenyataan bahwa pengembang Linux Lite mengadopsi model “Bayar apa yang Anda inginkan” untuk unduhan Linux Lite baru, mirip dengan distribusi OS dasar, memungkinkan komunitas untuk menyumbangkan uang untuk proyek tersebut. Namun, pengguna harus ingat bahwa Linux Lite akan selalu gratis.

“Ini adalah jalan yang tidak pernah saya bayangkan akan saya lewati, tetapi kami tidak punya pilihan,” kata Jerry Bezencon. “Entah kami mandek dan menerima algoritme G besar yang selalu berubah, atau kami dengan berani pergi ke tempat yang orang lain berani.”

Jika Anda ingin menggunakan Linux Lite di komputer pribadi, Anda dapat mengunduh rilis Linux Lite 5.6 sekarang juga dari situs resminya. Pengguna Linux Lite yang ada hanya perlu memutakhirkan instalasi mereka dengan mengikuti instruksi dari pengumuman rilis.

Sumber: Google, 9to5linux.com

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: