Linux Mint 20.3 “Una” Tiba Natal Ini dengan Aplikasi Gelap dan Perubahan Visual Lainnya


Pengembang Linux Mint hari ini meluncurkan nama kode dan tanggal rilis yang diharapkan dari distribusi Linux Mint 20.3 yang akan datang, serta beberapa fitur yang diharapkan.

Linux Mint 20.3 akan dijuluki “Una” dan akan menjadi pembaruan besar ketiga untuk Linux Mint 20 seri berdasarkan seri sistem operasi Ubuntu 20.04 LTS (Focal Fossa), yang tentu saja akan didukung dengan pembaruan perangkat lunak dan patch keamanan hingga tahun 2025.

Kemungkinan besar, Linux Mint 20.3 “Una” akan diturunkan dari Ubuntu 20.04 yang baru saja diluncurkan. Rilis poin .3 LTS, tetapi, seperti dengan Linux Mint 20.2 “Uma”, Linux Mint 20.1 “Ulyssa”, dan Linux Mint 20 “Ulyana”, ia akan tetap menggunakan seri kernel Linux 5.4 LTS yang didukung jangka panjang daripada menggunakan kernel Linux yang lebih baru 5.`11.

Selain dari perubahan “under-the-hood” ini, Linux Mint 20.3 “Una” akan dikirimkan dengan beberapa perubahan visual yang menarik, yaitu dukungan mode gelap untuk Celluloid, Terminal GNOME, Hypnotix, Pix, dan Aplikasi XViewer bahkan ketika Anda menggunakan tema ringan. Namun, Pix dan XViewer tidak akan mendukung mode gelap dalam edisi Xfce karena pengelola jendela Xfwm tidak mendukung mode gelap.

“Mode gelap dapat dikonfigurasi di setiap aplikasi yang kami kirimkan gelap secara default. Jadi, jika Anda tidak suka Hypnotix, Celluloid, Pix, Xviewer, atau Terminal GNOME menjadi gelap, Anda dapat menonaktifkannya di masing-masing terminal tersebut,” kata Clement Lefebvre dalam buletin bulanan Linux Mint untuk September 2021.

Selain itu untuk dukungan mode gelap untuk aplikasi, Linux Mint 20.3 akan hadir dengan perubahan visual lainnya untuk tema default Mint-Y, seperti bilah judul yang lebih bulat dengan tombol yang lebih besar, serta penggantian warna aksen dengan warna abu-abu. Selain itu, tema Mint-Y-Darker akan tersedia dari repositori dengan menginstal paket mint-themes-legacy.

Selain dari perubahan visual ini, rilis Linux Mint yang akan datang mungkin akan menyertakan aplikasi yang diperbarui dengan fitur dan peningkatan baru, serta perubahan lain yang akan diumumkan dalam beberapa bulan mendatang.

In berita terkait, tim Linux Mint baru-baru ini memulai pengembangan sistem operasi LDME (Linux Mint Debian Edition) 5 yang akan datang, dengan nama kode “Elsie,” yang akan didasarkan pada Debian GNU /Linux 11 seri sistem operasi “Bullseye” dan lingkungan desktop Cinnamon.

Sumber: Google, 9to5linux.com

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: