Mesa 21.3 Graphics Stack Hadir dengan Peningkatan Zink, RADV, dan Panfrost


Eric Engestrom hari ini mengumumkan rilis dan ketersediaan umum Mesa 21.3 sebagai pembaruan besar ketiga untuk seri tumpukan grafik sumber terbuka Mesa 21 terbaru dan terbaik untuk distribusi GNU/Linux.

Mesa 21.3 hadir tiga setengah bulan setelah Mesa 21.2 untuk selanjutnya meningkatkan tumpukan grafis nomor satu Linux. Ini membawa banyak peningkatan besar, dimulai dengan kepatuhan OpenGL ES 3.1 resmi untuk driver Panfrost Collabora, kompilasi shader berulir untuk driver Iris, dukungan OpenGL ES 3.2 untuk driver Zink, dan dukungan untuk video AV1 untuk Video Acceleration API (VA-API ) .

Selain itu, Mesa 21.3 memperkenalkan dukungan penelusuran sinar eksperimental ke driver Radeon Vulkan (RADV), dukungan Vulkan 1.2, ekstensi baru, dan pemfilteran tekstur anisotropik ke driver Lavapipe, serta dukungan OpenGL 4.5 dan OpenGL FP16 ke driver LLVMpipe, yang sekarang sampai tiga kali lebih cepat untuk 2D workloads.

Newly didukung Vulkan ekstensi oleh lavapipe termasuk VK_EXT_color_write_enable, VK_KHR_timeline_semaphore, VK_EXT_external_memory_host, VK_KHR_depth_stencil_resolve, VK_KHR_shader_float16_int8, VK_KHR_shader_subgroup_extended_types pada lavapipe, VK_EXT_primitive_topology_list_restart, dan VK_KHR_spirv_1_4.

LLVMpipe sekarang mendukung GL_ARB_texture_filter_anisotropic dan GL_AMD_ pinned_memory OpenGL ekstensi, dan sopir RADV sekarang mendukung VK_EXT_shader_atomic_float2, VK_EXT_vertex_input_dynamic_state, VK_EXT_primitive_topology_list_restart, VK_KHR_shader_integer_dot_product, VK_KHR_maintenance4, dan VK_KHR_format_feature_flags2 Vulkan extensions.

On atas itu, Mesa 21,3 menambahkan solusi untuk berbagai permainan dan dukungan untuk perpanjangan EGL_EXT_present_opaque di Wayland, memungkinkan Pemusnahan berbasis shader NGG secara default untuk GFX10.3 pada RADV, dan menambahkan dukungan untuk ekstensi VK_EXT_shader_atomic_float2 dan VK_KHR_synchronization2 Vulkan ke driver Intel ANV Vulkan.

Tentu saja, Mesa 21.3 juga memperbaiki banyak bug untuk membuat pengalaman bermain game Linux Anda lebih baik. Ini meningkatkan dukungan untuk Tomb Raider, Euro Truck Simulator 2, DOOM Eternal, Doom 3, Genshin Impact, Resident Evil: Village, Resident Evil 2, Unreal Tournament, Cathedral, Aliens: Fireteam Elite, Dota 2, Final Fantasy V, Monster Hunter Rise Demo, Valheim, World War Z: Aftermath, Assault Android Cactus, dan Splitgate games.

Terakhir namun tidak kalah pentingnya, ini memperbaiki crash Wayland dengan browser web Mozilla Firefox, crash di lingkungan desktop KDE Plasma yang terjadi setelah menutup ” splash screen”, crash dalam game Godot saat Steam overlay diaktifkan, dan meningkatkan dukungan untuk smartphone Android OnePlus 8. ditandai sebagai rilis pengembangan, yang berarti Anda harus menunggu rilis poin pertama dalam seri baru, Mesa 21.3.1, jika Anda mengkhawatirkan stabilitas dan keandalan.

Sumber: Google, 9to5linux.com

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: