MX Linux 21 AHS Edition Keluar Sekarang dengan Kernel Linux 5.14, Graphics Stack Lebih Baru


Pengembang MX Linux hari ini merilis edisi AHS (Advanced Hardware Support) dari distribusi MX Linux 21 terbaru mereka dengan kernel dan tumpukan grafis yang lebih baru.

MX Linux 21 “Wildflower” secara resmi dirilis bulan lalu pada tanggal 21 Oktober sebagai distribusi bebas sistem berdasarkan pada seri sistem operasi “Bullseye” Debian GNU/Linux 11 terbaru dan terhebat. Rilis baru ini tersedia dengan edisi Xfce, KDE Plasma, dan Fluxbox.

Karena didasarkan pada Debian GNU/Linux 11, MX Linux 21 didukung oleh kernel Linux 5.10 LTS secara default, tetapi pengembang membuat versi khusus untuk mereka yang perlu menjalankan MX Linux pada perangkat keras mereka dengan versi kernel yang lebih baru, yaitu kernel Linux 5.14.

Selain itu, MX Linux 21 edisi AHS menampilkan tumpukan grafik yang lebih baru dengan versi komponen Mesa, Vulkan, dan XOrg Server yang lebih baru, serta beberapa aplikasi yang dikompilasi ulang yang menggunakan versi kernel yang lebih baru. Edisi AHS menampilkan lingkungan desktop Xfce 4.16 secara default.

Namun, edisi khusus ini tidak berfungsi dengan baik dengan komputer yang menampilkan grafik berbasis Intel saat menggunakan suspend-to-ram, atau saat Anda melanjutkan dari penundaan. Dengan demikian, para pengembang merekomendasikan pengguna ini untuk tetap menggunakan salah satu edisi standar MX Linux 21 yang didukung oleh kernel Linux 5.10 LTS.

“AHS menurut desain sedikit lebih canggih, dan tidak diuji seperti rilis utama kami, dan idenya adalah bahwa ia akan menerima pembaruan ke tumpukan grafis dari waktu ke waktu, jadi bagi mereka yang tidak membutuhkan tumpukan grafis open source yang lebih baru, ada gunanya menggunakan AHS, ”kata devs.

Dengan mengingat hal itu, jika Anda ingin menggunakan MX Linux 21 dengan kernel dan tumpukan grafik yang lebih baru, Anda dapat mengunduh gambar AHS sekarang dari halaman pengumuman rilis atau dengan mengklik tautan unduhan langsung di bawah ini.
Download MX Linux 21 AHS

Sumber: Google, 9to5linux.com

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: