NixOS 21.11 “Porcupine” Dirilis dengan GNOME 41, KDE Plasma di Wayland


Timothy DeHerrera dan Tom Bereknyei dengan bangga mengumumkan hari ini rilis dan ketersediaan umum NixOS 21.11 sebagai versi stabil terbaru dari distribusi GNU/Linux yang dikembangkan secara independen ini.

Dijuluki “Porcupine” dan datang enam bulan setelah rilis NixOS 21.05, NixOS 21.11 hadir dengan banyak hal baik, dimulai dengan lingkungan desktop GNOME 41.1 untuk edisi GNOME khusus dan dilanjutkan dengan dukungan Wayland untuk edisi KDE Plasma 5.23, serta versi 6 dari desktop Pantheon OS dasar.

Rilis ini dikirimkan dengan Nix 2.3.16 sebagai default manajer paket, mengalihkan utilitas iptables ke backend nf_tables, memperbarui modul Hadoop dan paket ke Hadoop 3 sebagai default dengan layanan baru seperti JournalNode, ZKFS dan HTTPFS, dan meningkatkan dukungan LXD untuk membangun gambar langsung dari konfigurasi.

Perubahan menarik lainnya di NixOS 21.11 adalah dukungan untuk menjalankan skrip aktivasi selama nixos-rebuild dry-activate dan mendeteksi tindakan kering ivation dengan membaca variabel $NIXOS_ACTION.

“Ini memungkinkan skrip aktivasi untuk menampilkan apa yang akan mereka ubah jika aktivasi benar-benar dijalankan. Skrip aktivasi pengguna/modul mendukung ini dan menampilkan beberapa tindakan,” jelas devs.

Termasuk secara default dalam rilis ini adalah PHP 8.0, Python 3.9, systemd 249, GNU Bash 5, OpenSSH 8.8p1, kops 1.21.1, PostgreSQL 13, spark 3, kubernetes-helm 3.7.0, dan ORY Kratos 0.8.0 Alpha 3. Di bawah tenda, NixOS 21.11 didukung oleh seri kernel Linux 5.10 LTS (Linux 5.10.81 adalah kernel default).

Terakhir tetapi tidak Paling tidak, NixOS 21.11 hadir dengan banyak layanan baru, termasuk btrbk untuk mencadangkan subvolume btrfs, manajer clipboard X11 clipcat, alternatif gratis dan terdesentralisasi PeerTube untuk platform hosting video, server kunci Hockeypuck OpenPGP, dan banyak lainnya yang dapat Anda temukan di catatan rilis.

Anda dapat mengunduh NixOS 21.11 sebagai GNOME atau KDE Plasma gambar ISO langsung dan dapat diinstal, serta gambar ISO Minimal sekarang dari situs web resmi. Sementara ISO Plasma GNOME dan KDE hanya mendukung sistem 64-bit, gambar Minimal juga dapat diinstal pada komputer 32-bit.

Rilis ini akan didukung hingga akhir Juni 2022, saat NixOS 22.05 akan dirilis sebagai versi utama berikutnya . Sementara itu, lihat tampilan pertama kami baik GNOME dan KDE Plasma edisi NixOS di bawah ini, dan jangan lupa untuk berlangganan saluran YouTube kami untuk lebih banyak video.
Download NixOS 21.11 GNOMEDownload NixOS 21.11 KDE Plasma

Sumber: Google, 9to5linux.com

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: