NVIDIA 495.44 Graphics Driver Menambahkan Dukungan GBM, Indikator untuk Dukungan BAR yang Dapat Disesuaikan


NVIDIA hari ini merilis driver grafis berpemilik NVIDIA 495.44 untuk sistem GNU/Linux, FreeBSD, dan Solaris dengan berbagai fitur dan peningkatan baru.

NVIDIA 495.44 adalah versi cabang fitur baru dan memperkenalkan dukungan untuk API GBM, yang mengimplementasikan driver backend GBM yang dapat digunakan dengan pemuat GBM dari Mesa 21.2 atau yang lebih baru. Ini adalah kabar baik, terutama untuk pengguna KDE Plasma karena pembaruan 5.23.2 terbaru juga menambahkan dukungan GBM awal.

Selain dukungan GBM, driver grafis NVIDIA 495.44 menambahkan indikator untuk dukungan Resizable BAR pada sistem yang kompatibel, menambahkan dukungan untuk beberapa baru Ekstensi Vulkan, termasuk ekstensi VK_KHR_present_id, ekstensi VK_KHR_present_wait, dan ekstensi VK_KHR_shader_subgroup_uniform_control_flow, dan juga menambahkan dukungan untuk ekstensi EGL_NV_robustness_video_memory_purge extension.

Perubahan menarik lainnya dari versi kernel Linux minimum 2.6, dimulai dengan rilis Linux ini. 32 ke Linux 3.10. Jika sistem GNU/Linux Anda tidak menjalankan kernel Linux 3.10 atau lebih baru, driver grafis NVIDIA eksklusif tidak dapat diinstal.

Di antara peningkatan lainnya, NVIDIA 495.44 memperbarui modul kernel nvidia.ko untuk dimuat meskipun tidak ada GPU NVIDIA yang didukung saat perangkat NVIDIA NVSwitch terdeteksi dalam sistem, dan memperkenalkan opsi baris perintah baru –no-peermem ke nvidia-installer untuk memungkinkan pengguna mencegah penginstalan modul kernel nvidia-peermem.

Tentu saja, beberapa bug telah diperbaiki. Ini termasuk bug yang dapat menyebabkan X11 mogok saat memulai pembuatan server baru pada konfigurasi NVIDIA PRIME, dua bug pada driver Vulkan, satu yang dapat menyebabkan kerusakan kualifikasi interpolasi untuk shader dan yang lainnya menyebabkan komponen individual input barycentric tidak terbaca, bug yang menyebabkan kernel mogok dalam konfigurasi SLI Mosaic, serta regresi yang menyebabkan kedipan pada DisplayPort dan monitor yang kompatibel dengan kecepatan refresh variabel (VRR) HDMI 2.1 G-SYNC.

Terakhir, rilis ini menghapus dukungan untuk fungsi NvIFROpenGL dan perpustakaan libnvidia-cbl.so dari paket driver. Untuk detail lebih lanjut, lihat catatan rilis lengkap.

Anda dapat mengunduh driver grafis NVIDIA 495.44 untuk sistem GNU/Linux 64-bit dan AArch64, serta untuk sistem FreeBSD 64-bit dan sistem Solaris 32-bit dan 64-bit dengan benar sekarang dari situs resminya. Namun, karena ini BUKAN cabang yang siap produksi, saya sarankan Anda tetap menggunakan driver NVIDIA 470.82.00 untuk stabilitas.

Kredit gambar: NVIDIA

Sumber: Google, 9to5linux.com

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: