OS Raspberry Pi Resmi Sekarang Berbasis Debian GNU/Linux 11 “Bullseye”


OS Raspberry Pi resmi (sebelumnya Raspbian) telah diperbarui dan sekarang didasarkan pada seri sistem operasi Debian GNU/Linux 11 “Bullseye”. Debian GNU/Linux 10 “Buster” lama yang stabil ke seri sistem operasi Debian GNU/Linux 11 “Bullseye”, dan menggunakan kernel Linux 5.10.63 LTS secara default.

Tapi rebase Debian Bullseye hanyalah ceri di atas , karena rilis Raspberry Pi OS terbaru menampilkan semua komponen dan aplikasi desktopnya yang dibuat berdasarkan kerangka aplikasi open-source GTK+ 3 untuk lingkungan desktop PIXEL yang dibangun di dalam rumah berdasarkan LXDE.

Ini termasuk LXPanel dan semua pluginnya, Pengelola file PCManFM dan pustaka libfm, serta wizard pengaktifan pertama piwiz, aplikasi preferensi pipanel, GUI raspi-config rc_gui, dan aplikasi pengaturan keyboard dan mouse LXinput.

Di atas dukungan GTK+ 3, LXPan el mendapat plugin Updater baru yang mampu mendeteksi dan menginstal pembaruan perangkat lunak pada Raspberry Pi OS Anda, dan menawarkan kemajuan dan kotak dialog informasi, serta kode penanganan ikon yang umum untuk semua plugin, bukan di masing-masing plugin. Selain itu, pengelola file PCManFM sekarang menampilkan opsi tampilan yang disederhanakan untuk daftar atau ikon, dengan opsi menu terpisah untuk thumbnail, serta ikon bilah alat baru.

Selain itu, tema PiXflat GTK+3 telah diperbarui dengan banyak perubahan untuk mendukung aplikasi yang disebutkan di atas , pengaturan ukuran ikon bilah alat telah ditambahkan untuk GTK+ 3, bersama dengan pengaturan baru untuk indentasi untuk label bingkai dalam gaya khusus dan kemampuan untuk meminta dekorasi sisi klien (CSD) di windows. Selain itu, aplikasi Appearance Settings sekarang mendukung GTK+3 dan Mutter.

Berbicara tentang Mutter, window dan composite manager sekarang digunakan secara default sebagai ganti Openbox pada model Raspberry Pi dengan RAM 2GB atau lebih. Seperti yang diharapkan, perilaku dan penampilan Mutter telah disesuaikan agar sesuai dengan Openbox, dan pengguna juga mendapatkan pintasan keyboard tambahan, pembesar layar, dan beberapa peningkatan kinerja melalui Openbox, yang masih digunakan pada perangkat dengan RAM kurang dari 2GB.

Di antara hal-hal penting lainnya perubahan, Raspberry Pi OS baru merilis fitur KMS sebagai driver tampilan default (dengan xcompmgr diaktifkan untuk Openbox), pilihan output audio HDMI yang ditingkatkan, subsistem kamera default baru berdasarkan libcamera dan aplikasi demo, dukungan untuk font Jepang di wizard startup, sebagai serta dukungan Bluetooth yang jauh lebih baik dengan dialog pemasangan dan koneksi yang diperbarui.

Juga patut disebutkan adalah fakta bahwa sekarang ada versi 4K baru dari wallpaper Raspberry Pi resmi di Perangkat Lunak yang Direkomendasikan, aplikasi Rak Buku sekarang menyertakan majalah PC Kustom, Chromium browser web telah diperbarui ke versi 92.0.4515.98, pemutar media VLC telah diperbarui ke versi 3.0.16, dan berbagai bahasa terjemahan adalah pembaruan, termasuk bahasa Armenia, Jerman, Italia, Korea, dan Polandia.

Tentu saja, beberapa bug diperbaiki di seluruh aplikasi default dan komponen desktop untuk menawarkan pengalaman Raspberry Pi OS yang lebih stabil dan andal di komputer papan tunggal kecil Anda. Lihat catatan rilis lengkap untuk detail lebih lanjut tentang perbaikan bug ini, dan unduh Raspberry Pi OS 2021-10-30 dari situs web resmi, yang dapat Anda tulis di kartu SD dengan utilitas Raspberry Pi Imager resmi.

Sumber: Google, 9to5linux.com

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: