Perangkat Lunak Pengeditan Gambar dan Pengeditan Gambar Sumber Terbuka Pinta mendapatkan Pembaruan Lainnya


Pinta, perangkat lunak pengedit gambar dan gambar open-source dan lintas-platform untuk GNU/Linux, Mac, Windows, dan BSD, baru saja mendapat pembaruan besar lainnya.

Tahun lalu, saya menulis tentang Pinta mendapatkan pembaruan besar-besaran setelah 5 tahun diam, dan sekarang pengembang Pinta menginformasikan 9to5linux.com tentang rilis dan ketersediaan umum Pinta 1.7.1, rilis poin pertama datang lebih dari lima belas bulan setelah Pinta 1.7.

Rilis baru terutama merupakan pembaruan perbaikan bug, tetapi juga membawa beberapa fitur baru seperti kemampuan untuk menggulir kanvas secara horizontal dengan menahan tombol Shift saat menggunakan roda mouse atau kemampuan untuk memperbesar dan memperkecil gambar tanpa menekan tombol Ctrl.

Selain itu, rilis Pinta 1.7.1 memungkinkan pengguna menukar gambar utama dan warna palet sekunder dengan menekan X, serta untuk memindahkan satu piksel dalam alat Pindahkan Piksel yang Dipilih dan Pindahkan Seleksi menggunakan tombol panah, dan batasi gambar ke skala yang seragam saat penskalaan melalui Move Sele alat Piksel ctted dengan tombol Shift.

Selain itu, pembaruan baru memperkenalkan dialog yang lebih ramah pengguna ketika mencoba membuka format file yang tidak didukung dan memperbarui dialog Tentang untuk memungkinkan pengguna dengan mudah menyalin informasi versi ke clipboard untuk bug pelaporan.

Di antara perubahan penting lainnya, Pinta 1.7.1 meningkatkan pesan kesalahan ketika pengguna tidak membaca atau menulis izin untuk file, meningkatkan tooltips untuk tab untuk juga menampilkan path file lengkap, membuat peralihan antar alat yang berbagi sama pintasan lebih konsisten, dan meningkatkan penanganan kegagalan alokasi memori untuk gambar besar.

Beberapa bug diperbaiki dalam pembaruan ini untuk juga meningkatkan fungsionalitas Pangkas Otomatis, alat Pensil, alat Teks, alat Bentuk, alat Pindahkan Piksel yang Dipilih, juga untuk mengatasi beberapa crash dan gangguan lainnya. Rincian lebih lanjut tentang perbaikan bug ini dapat ditemukan di catatan rilis lengkap.

Anda dapat mengunduh Pinta 1.7.1 sekarang juga dari situs web resmi sebagai Snap (sudo snap install pinta) atau biner universal Flatpak yang dapat Anda instal di hampir semua GNU/ distribusi Linux. Sementara itu, lihat aksi pembaruan Pinta baru dalam video di bawah ini!

Pengembang merekomendasikan format paket universal ini daripada paket DEB karena menginstalnya dapat mengakibatkan pengalaman buruk karena Pinta memerlukan versi Mono terbaru, yaitu hilang di banyak distribusi GNU/Linux.

Sumber: Google, 9to5linux.com

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: