Plasma Mobile Gear 21.12 Dirilis untuk Ponsel Linux dengan ModemManager, Aplikasi yang Ditingkatkan


Proyek KDE hari ini merilis Plasma Mobile Gear 21.12 sebagai versi terbaru dari rangkaian perangkat lunak open-source dan gratis mereka untuk varian desktop Plasma Mobile untuk perangkat seluler.

Mengemas peningkatan senilai tiga bulan sejak pembaruan Plasma Mobile Gear 21.08, Plasma Mobile Gear 21.12 adalah rilis pertama dari rangkaian perangkat lunak untuk mengalihkan tumpukan teleponnya dari oFono ke ModemManager.

Seperti yang Anda ketahui, ModemManager terintegrasi dengan daemon manajemen jaringan NetworkManager, yang saat ini digunakan oleh banyak distribusi GNU/Linux populer untuk konektivitas jaringan dari semua jenis , termasuk namun tidak terbatas pada Wi-Fi, koneksi kabel dan seluler, serta untuk fungsi telepon.

Menurut Proyek KDE, ModemManager memiliki perkembangan yang lebih aktif dan perangkat baru selalu di-upstream. Sisi baiknya, ModemManager terbukti jauh lebih andal daripada oFono pada perangkat utama seperti PinePhone atau OnePlus 6, tetapi, sisi buruknya, perangkat Halium tidak lagi didukung dan beberapa fitur belum ditambahkan.

“Kelemahan utama dari mematikan oFono adalah bahwa itu adalah satu-satunya pilihan untuk perangkat Halium. Namun, karena keputusan kami baru-baru ini untuk menghentikan dukungan Halium, faktor ini tidak lagi menjadi kendala,” bunyi pengumuman tersebut. “Kode ini belum diuji secara ekstensif, yang berarti fitur dan perbaikan masih akan diluncurkan pada setiap rilis Plasma Mobile Gear bulanan.”

Karena perubahan besar ini, aplikasi Spacebar SMS/MMS dan aplikasi telepon Dialer sekarang menggunakan ModemManager sebagai backend default . Selain itu, Dialer menerima dukungan umpan balik haptic untuk pemberitahuan panggilan masuk, sementara Spacebar sekarang dikirimkan dengan banyak barang, termasuk dukungan MMS penuh, kemampuan untuk menghapus pesan individual dan mengirim ulang pesan yang gagal, serta mengekstrak tautan dan 2FA kode dari dalam pesan.

Perubahan penting lainnya di Plasma Mobile Gear 21.12 adalah peningkatan dukungan untuk tampilan eksternal. Pengguna Plasma Mobile seharusnya tidak lagi mengalami masalah saat menghubungkan perangkat mereka ke layar eksternal selama ponsel mendukung resolusi layar. Ini adalah kabar baik bagi pengguna PinePhone yang mengalami kegagalan saat mencoba menghubungkan perangkat ke layar eksternal.

Plasma Mobile Gear adalah semua tentang aplikasi Plasma Mobile, jadi rilis baru ini mengemas banyak aplikasi yang diperbarui. Misalnya, aplikasi Weather sekarang memiliki tampilan dinamis dan perpindahan lokasi yang lebih berkinerja, browser web Angelfish sekarang dilengkapi dukungan untuk menghapus riwayat browser dan integrasi keyboard virtual yang ditingkatkan, dan aplikasi podcast Kasts kini hadir dengan dukungan untuk bab dan episode yang diperbarui dan halaman langganan.

Juga ditingkatkan adalah aplikasi NeoChat, yang sekarang mendukung emoji khusus dan pemeriksaan ejaan untuk kotak input, klien Tokodon Mastodon, yang juga dilengkapi dukungan pemeriksaan ejaan dan halaman pengaturan baru, aplikasi KClock, yang menampilkan pemberitahuan yang ditingkatkan, dan aplikasi Kalendar , yang juga menerima beberapa fitur baru.

Di antara perubahan penting lainnya, Plasma Mobile Gear 21.12 menambahkan peningkatan besar pada Shell, lebih jauh meningkatkan keyboard internal, dan menyempurnakan panel atas dengan pengaturan cepat Mode Pesawat baru karena porting ponsel indikator data ke ModemManager, serta kemampuan untuk membuat pengaturan cepat khusus dan membuka aplikasi KClock saat t aplikasi pada label jam.

Tentu saja, ada banyak perbaikan tersembunyi untuk membuat aplikasi mulai lebih cepat dan memberikan animasi jendela yang lebih baik. Fading halus untuk menghidupkan dan mematikan layar telah ditambahkan juga dalam rilis ini, bersama dengan animasi rotasi layar dan kemampuan untuk secara otomatis memindahkan panel bawah ke samping saat layar dialihkan ke mode lanskap.

Kredit gambar: KDE Project

Sumber: Google, 9to5linux.com

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: