Porteus Kiosk 5.3 Berbasis Gentoo Dirilis dengan Hardware Video Decoding, Virtual Keyboard


Tomasz Jokiel hari ini mengumumkan peluncuran Porteus Kiosk 5.3 sebagai versi terbaru dari distribusi GNU/Linux berbasis Gentoo yang dirancang untuk kios dan komputer publik lainnya.

Porteus Kiosk 5.3 hadir sekitar enam bulan setelah Porteus Kiosk 5.2 untuk menambahkan beberapa fitur baru, termasuk dukungan decoding video perangkat keras eksperimental dan keyboard virtual untuk browser web Mozilla Firefox ESR dan Google Chrome.

Sementara fitur decoding perangkat keras dapat diaktifkan dalam konfigurasi jarak jauh dengan parameter hardware_video_decode, fitur keyboard virtual hadir sebagai ekstensi dan akan muncul secara otomatis ketika mengklik kolom input pada halaman web. Pengguna dapat mengontrol keyboard virtual dalam konfigurasi jarak jauh dengan parameter virtual_keyboard.

Porteus Kiosk 5.3 juga mengadopsi perpustakaan libinput sebagai driver input default karena menyediakan dukungan gerakan sentuh asli untuk browser web Mozilla Firefox. Untuk menjaga kompatibilitas dengan sistem yang ada yang menjalankan Porteus Kiosk 5.2 atau versi yang lebih rendah, evdev’driver masih didukung.

Perubahan penting lainnya termasuk kemampuan untuk merelokasi tombol di layar ke posisi berbeda di layar kios, dukungan untuk firmware ‘sound open ‘ sebagai driver suara alternatif, Panel Administrasi yang diperbarui di Server Kios Porteus, serta parameter dns_server= yang diperbarui untuk juga mendukung konfigurasi DHCP.

Terakhir, Porteus Kiosk 5.3 sepenuhnya menghapus plugin Adobe Flash Player dari sistem. Jika sistem kios Anda yang ada masih menggunakan aplikasi flash mandiri, aplikasi ini akan tetap didukung melalui layanan pembuatan khusus dari Porteus Solutions.

Rilis ini didukung oleh kernel Linux 5.10.73 LTS dan termasuk Mozilla Firefox 91.2.0 ESR dan Google Chrome 93.0.4577.82 peramban web. Semua paket yang disertakan telah diperbarui ke snapshot portage Gentoo 20211014.

Anda dapat mengunduhnya sekarang juga dari situs resminya, di mana Anda akan menemukan gambar instalasi untuk Porteus Kiosk, serta untuk Porteus Cloud, Porteus ThinClient, dan Porteus Server editions.
Unduh Porteus Kiosk 5.3

Sumber: Google, 9to5linux.com

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: