Q4OS 4 Akhirnya Hadir dan Membawa Lingkungan Desktop Trinity ke Debian GNU/Linux 11 “Bullseye”


Pengembang distribusi Q4OS Linux berbasis Debian dan ringan hari ini mengumumkan rilis dan ketersediaan umum Q4OS 4.6 sebagai versi stabil terbaru dalam seri Q4OS 4 “Gemini” LTS.

Q4OS adalah distribusi yang mungkin Anda ketahui untuk pengiriman dengan Trinity Desktop Lingkungan (TDE). Tidak banyak distro yang menggunakan Trinity DE akhir-akhir ini, tetapi tujuan Q4OS adalah mengubah sebanyak mungkin pengguna Windows menjadi pengguna Linux.

Rilis terbaru, Q4OS 4.6 hadir setelah lebih dari satu tahun pengembangan, berdasarkan Debian GNU/Linux 11 “Bullseye ” seri sistem operasi dan menampilkan rilis terbaru Trinity Desktop Environment 14.0.10, serta lingkungan desktop KDE Plasma 5.20, sebagai edisi terpisah.

Saya rasa KDE Plasma dan Trinity DE bagus untuk pengguna Windows yang ingin beralih ke GNU/ Linux, tetapi jika Anda memiliki komputer lama, terutama yang memiliki prosesor 32-bit (i686-PAE dan i386), Anda harus menggunakan edisi Trinity, yang didukung pada sistem 32-bit dan 64-bit dengan live dan media hanya-instal.

Tetapi jika Anda memiliki PC yang lebih baru, Q4OS memberi Anda pengalaman unik memiliki lingkungan desktop KDE Plasma dan TDE pada instalasi yang sama, dengan mudah beralih di antara keduanya.

Salah satu fitur paling keren dari rilis Q4OS 4.6 adalah utilitas Desktop Profiler yang sekarang mendukung profil kustom, fitur yang memungkinkan pengguna mengekspor status desktop mereka saat ini sebagai snapshot yang dapat dimodifikasi atau diedit untuk membuat profil kustom lainnya, serta dukungan untuk menjaga profil aplikasi untuk setiap lingkungan desktop.

“Profil apa pun dapat diimpor, sehingga pengguna dapat mengimpor dan menerapkannya nanti di perangkat keras lain,” jelas para pengembang. “Dengan kata lain, pengguna dengan mudah mendapatkan instalasi sistem operasi baru yang dikonfigurasi dan siap bekerja dengan upaya minimal pasca instalasi.”

Berdasarkan seri sistem operasi Debian GNU/Linux 11 “Bullseye”, seri Q4OS 4 “Gemini” akan dikirimkan dengan kernel Linux 5.10 LTS yang didukung jangka panjang. Selain itu, Q4OS 4 “Gemini” adalah rilis dukungan jangka panjang yang akan menerima patch keamanan dan pembaruan perangkat lunak setidaknya selama lima tahun.

Anda dapat mengunduh Q4OS 4.6 sekarang juga dari situs web resmi, di mana Anda akan menemukan info tentang persyaratan sistem minimum, serta penginstal Windows yang memungkinkan Anda menempatkan Q4OS di samping instalasi Windows Anda. Sementara itu, para pengembang sedang mengerjakan dukungan ARM untuk perangkat Raspberry Pi dan Pinebook Pro.

Sumber: Google, 9to5linux.com

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: