Qt Creator 5.0 Open-Source IDE Dirilis sebagai Pembaruan Besar dengan Fitur Eksperimental


Perusahaan Qt hari ini mengumumkan rilis dan ketersediaan umum Qt Creator 5.0, pembaruan besar untuk perangkat lunak lingkungan pengembangan terintegrasi (IDE) open-source, gratis, dan lintas platform ini untuk sistem GNU/Linux, macOS, dan Windows.

Sorotan dari rilis Qt Creator 5.0 menyertakan dukungan Clangd eksperimental sebagai backend untuk model kode C/C++, yang berarti bahwa itu tidak diaktifkan secara default sehingga Anda harus mengaktifkannya dari Tools > Options > C++ > Clangd > Use clangd. Ini juga dilengkapi dukungan eksperimental untuk membangun dan menjalankan aplikasi dalam wadah Docker, yang hanya berfungsi pada sistem Linux yang menggunakan CMake sebagai sistem pembangunan untuk proyek.

Juga baru adalah opsi penyorotan untuk parameter fungsi, parameter template untuk simbol di Locator, dukungan untuk snippets, temukan dukungan untuk panel Issues, opsi “Show Source and Header Groups” baru di pohon proyek, opsi “Force logging to console” baru untuk debugging, akhir baris dan indentasi dalam informasi properti file, serta item menu dan pintasan untuk mengedit komentar bookmark.

Berbicara tentang CMake, Qt Creator 5.0 dikemas penuh dengan peningkatan untuk perangkat lunak sumber terbuka dan lintas platform ini untuk otomatisasi pembuatan, pengujian, pengemasan, dan pemasangan perangkat lunak. Perubahan lainnya termasuk kemampuan untuk menampilkan pemberitahuan kemajuan di Qt Creator jika server bahasa mendukungnya, penanganan proyek besar yang lebih baik, dan penanganan yang tepat dari platform Android 12.

Dengan rilis ini, Qt Creator mendukung rantai alat MSVC ARM dan memberikan pengalaman yang lebih baik saat menjalankan Intel-build di komputer Apple M1 Mac. Qbs 1.20 juga disertakan dalam rilis ini untuk mengurangi dampak yang dimiliki manajemen proyek Qbs saat memulai saat menangani banyak kit, dan model kode QML telah diperbarui ke Qt 6.2 dengan dukungan untuk pemetaan modul.

Ada juga banyak perbaikan bug, jadi periksa changelog lengkap untuk detail lebih lanjut. Sementara itu, Anda dapat mengunduh Qt Creator 5.0 sekarang juga dari situs web resmi sebagai biner universal yang dapat Anda instal di hampir semua distribusi GNU/Linux, serta paket sumber bagi mereka yang suka mengkompilasi Qt Creator sendiri.

Sumber: Google, 9to5linux.com

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: