Qt Creator 6 Open-Source IDE Resmi Dirilis, Ini Yang Baru


Perusahaan Qt hari ini secara resmi mengumumkan rilis dan ketersediaan umum Qt Creator 6 sebagai versi terbaru dan terhebat dari lingkungan pengembangan terintegrasi sumber terbuka, gratis, dan lintas platform ini untuk membuat aplikasi Qt.

Berdasarkan seri Qt 6.2 LTS yang populer widget toolkit untuk membuat antarmuka pengguna grafis untuk aplikasi lintas platform, Qt Creator 6 hadir lebih dari tiga bulan setelah Qt Creator 5 dengan berbagai fitur baru dan banyak peningkatan untuk pengembang aplikasi Qt.

Sorotan Qt Creator 6 mencakup peluncuran terpisah dari proses eksternal , seperti alat build, clang-tidy dan alat lainnya, untuk menghindari masalah di Linux, dukungan untuk pengeditan multi-kursor umum dan dukungan untuk mengimpor dan mengekspor pengaturan font di editor teks, model kode C++ berdasarkan LLVM 13, serta sebagai dukungan penuh untuk mengedit C++ dengan Clangd.

Ada juga dukungan untuk menyoroti opsi warna untuk ruang nama untuk C++, bersama dengan opsi untuk sa telah membuka file secara otomatis setelah refactoring, wizard yang disederhanakan untuk QML, serta opsi untuk membatalkan penggantian nama file dan untuk menutup semua proyek kecuali satu di menu konteks tampilan Projects.

Ini juga menambahkan opsi untuk Show HEAD saat mengubah komit untuk Git , menambahkan opsi untuk menjalankan pengujian tanpa penerapan untuk integrasi pengujian, menambahkan halaman opsi untuk CTest, menambahkan dukungan awal untuk MCU SDK 2.0, dan menambahkan dukungan untuk mesin Apple M1.

Perubahan menarik lainnya dalam rilis ini adalah fakta bahwa Qt Quick terintegrasi Designer sekarang dinonaktifkan secara default sebagai langkah pertama dalam menyediakan alur kerja terintegrasi antara Qt Design Studio dan Qt Creator kepada pengembang aplikasi. Dengan demikian, Qt Creator sekarang akan membuka file .ui.qml di Qt Design Studio.

“Ini adalah langkah menuju alur kerja yang lebih terintegrasi antara Qt Design Studio dan Qt Creator,” kata David Schulz. “Qt Quick Designer masih ada, Anda dapat mengaktifkannya kembali secara manual dengan memeriksa plugin QmlDesigner di Help > About Plugins.”

Di antara perubahan penting lainnya, Qt Creator 6 menambahkan opsi “Show in File System View” ke menu konteks pohon Projects , menambahkan fungsi pencarian global untuk “File di Semua Direktori Proyek” ke cakupan Pencarian Lanjutan, dan meningkatkan dukungan untuk membangun dan menjalankan wadah Docker dengan menerima jalur file jarak jauh di lebih banyak tempat dalam app.

Selain itu, Qt Creator 6 menghapus node Header khusus dari proyek CMake dan meningkatkan cara dukungan CMake menangani file header yang disebutkan dalam sumber target. Pengembang merekomendasikan untuk menambahkan header ke sumber target untuk membantu Qt Creator dan alat lain “melakukan hal yang benar.”

Detail lebih lanjut tentang perubahan yang disertakan dalam rilis ini dapat ditemukan di changelog lengkap. Sementara itu, Anda dapat mengunduh Qt Creator 6 dari situs resminya (unduh langsung) sebagai biner .run (harus dibuat dapat dieksekusi) yang dapat Anda instal dengan mudah di distribusi GNU/Linux Anda dengan beberapa klik mouse.

Sumber: Google, 9to5linux.com

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: