Redcore Linux Masih Bertujuan untuk Membawa Gentoo Linux ke Massal, Sekarang Dikirim dengan Linux 5.14


Proyek Linux Redcore hari ini mengumumkan peluncuran Redcore Linux 2102 sebagai versi terbaru dari distribusi GNU/Linux berbasis Gentoo untuk massa.

Selama lima tahun terakhir, tujuan Redcore Linux selalu membawa kekuatan berbasis sumber Sistem operasi Gentoo Linux untuk umum, menawarkan kepada pengguna gambar ISO live terkini dan keras dengan lingkungan desktop KDE Plasma terbaru dan serangkaian aplikasi yang dipilih dengan cermat untuk kebutuhan kantor, multimedia, game, dan penjelajahan Internet.

Dijuluki “Polaris ”, Redcore Linux 2102 hadir hampir enam bulan setelah Redcore Linux 2101 (Orion), disinkronkan sepenuhnya dengan pohon pengujian Gentoo pada 1 Oktober 2021, dan didukung oleh seri kernel Linux 5.14 terbaru dan terhebat. Linux 5.14.10 adalah kernel default, tetapi kernel Linux 5.10.71 dan 5.4.151 LTS juga tersedia di repositori jika Anda ingin menggunakan kernel yang didukung jangka panjang.

Redcore Linux 2102 “Polaris” menggunakan KDE Plasma 5.22 .5 sebagai lingkungan desktop default, disertai dengan rangkaian perangkat lunak KDE Gear 21.08.1, dan menggantikan browser web Mozilla Firefox dengan Chromium, serta klien email Mozilla Thunderbird dengan Mailspring.

Juga disertakan dalam gambar ISO langsung, Anda akan temukan platform game Lutris dan Steam, editor gambar GIMP, pengunduh torrent qBittorrent, suite kantor LibreOffice, pemutar media MPV dan VLC, pemutar audio Qmmp, pengelola paket grafis Sisyphus, dan banyak utilitas praktis.

Selain itu, rilis baru meningkatkan dukungan untuk driver grafis NVIDIA eksklusif, membuat pembongkaran PRIME bekerja di luar kotak saat menggunakan paket nvidia-prime, yang, tentu saja, merupakan berita bagus bagi pengguna GPU NVIDIA, dan menambahkan Xwayland sebagai paket mandiri ge.

Beberapa masalah juga telah diperbaiki, termasuk pembuatan pengguna yang sangat lambat selama live boot, dukungan runtime asli Steam untuk pustaka sistem, kemampuan penginstal untuk menyetel flag ESP dengan benar saat menginstal distribusi dalam mode UEFI, serta beberapa bug dengan sesi langsung.

Jika Anda pernah ingin menggunakan Gentoo Linux di komputer pribadi Anda tanpa perlu repot mengompilasinya dari awal, Anda dapat mengunduh rilis terbaru Redcore Linux sekarang juga dari situs resminya atau menggunakan tautan unduhan langsung di bawah ini.

Bulan depan, proyek ini merayakan hari jadinya yang ke-5 (Selamat Ulang Tahun sebelumnya dari kami!) dan mereka dengan hormat meminta ruang server komunitas untuk menampung arsip paket 80GB mereka, jadi jika Anda membaca ini dan dapat membantu dengan cermin, jangan ragu untuk menghubungi mereka di sini.

“Seluruh arsip Redcore Linux berukuran sekitar 80Gb. Jika Anda memiliki ruang dan bandwidth atau mengenal seseorang yang dapat membantu, itu akan menjadi hadiah ulang tahun yang luar biasa dan sangat dihargai.”
Download Redcore Linux 2102

Sumber: Google, 9to5linux.com

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: