Sekarang Anda Dapat Menginstal Desktop UnityX di Arch Linux, Begini Caranya


Lingkungan desktop UnityX telah mendarat di repositori perangkat lunak AUR dari distribusi Arch Linux dan Anda dapat menginstal versi terbaru dengan mengikuti instruksi yang disajikan dalam tutorial ini.

UnityX adalah penerus dari lingkungan desktop Unity7 yang dibuat oleh Canonical untuk distribusi Ubuntu Linux yang populer kembali pada tahun 2011 dengan rilis Ubuntu 11.04. Tetapi Canonical mencabut Unity7 setelah tujuh tahun pengembangan, namun komunitas belum siap untuk perubahan besar ini.

Pada Mei 2020, pengembang Rudra Saraswat menciptakan rasa Ubuntu tidak resmi yang disebut Ubuntu Unity, yang menampilkan lingkungan desktop Unity7 lama yang bagus. Sekarang, pembuat Ubuntu Unity ingin membawa Unity7 ke tingkat berikutnya dan menciptakan UnityX, lingkungan desktop yang modern namun sederhana.

UnityX masih dalam pengembangan pada saat penulisan, dan mungkin akan ditampilkan sebagai lingkungan desktop default di jurusan berikutnya Ubuntu Unity rilis, tetapi, pada 19 Oktober 2021, itu mendarat di repositori perangkat lunak AUR Arch Linux dan Anda dapat menginstalnya di distribusi berbasis Arch Linux.

Tutorial ini akan menunjukkan kepada Anda cara menginstal UnityX di Arch Linux, tetapi instruksi akan bekerja pada Manjaro Linux, EndeavourOS, dan distro berbasis Arch Linux lainnya. Tutorial ini juga mengasumsikan bahwa Anda sudah familiar dengan AUR (Arch User Repository) dan Anda sudah menginstal AUR Helper, seperti Yay atau Pamac.

Untuk melanjutkan instalasi UnityX di Arch Linux, jalankan AUR Helper Anda, cari paket unityx dan instal dengan mengikuti petunjuk di layar. Untuk tutorial ini, saya telah menggunakan Pamac, mencari unityx di AUR, mengklik tombol unduh, dan mengklik tombol “Terapkan” dialog dependensi.

Instalasi bekerja dengan sempurna dan saya dapat memilih lingkungan desktop UnityX dari login manajer DE saya saat ini, jadi setelah UnityX diinstal, keluar dari sesi Anda saat ini dan pilih dari daftar tarik-turun sesi yang tersedia di manajer login Anda.

Itu dia! Anda sekarang menjalankan UnityX di komputer Arch Linux Anda.

Karena UnityX masih dalam pengembangan, ada beberapa masalah yang perlu Anda ketahui saat menggunakan lingkungan desktop di Arch Linux, masalah yang akan ditangani dalam beberapa hari mendatang atau minggu. Misalnya, tidak ada latar belakang desktop dan Anda harus menginstal Pusat Kontrol GNOME untuk mengatur wallpaper, dan Anda harus menggunakan pintasan keyboard Super+X untuk memuat ulang panel dan widget setelah mengubah resolusi.

Saya telah berbicara singkat dengan Rudra Saraswat, yang memberi tahu saya bahwa Pusat Kontrol Unity belum di-porting ke Arch Linux, tetapi, ketika akan di-porting, Anda tidak perlu Pusat Kontrol GNOME untuk mengatur wallpaper. Karena itu, pastikan Anda mengikuti 9to5Linux jika Anda ingin mengikuti perkembangan UnityX.

Sumber: Google, 9to5linux.com

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: