Sepertinya Ubuntu 21.10 (Impish Indri) Akan Didukung oleh Kernel Linux 5.13


Sistem operasi Ubuntu 21.10 yang akan segera dirilis sekarang didukung oleh seri kernel Linux 5.13, yang tampaknya menjadi kernel final dan default untuk rilis Impish Indri.

Dengan Kernel Feature Freeze (16 September) dan Kernel Freeze yang akan datang (30 September) tahap pengembangan, tampaknya Ubuntu 21.10 (Impish Indri) tetap menggunakan kernel Linux 5.13, yang baru-baru ini mendarat di arsip utama distribusi sebagai kernel default alih-alih kernel Linux 5.11 yang digunakan sampai sekarang dari Ubuntu 21.04 (Hirsute Hippo) release.

Linux kernel 5.13 telah dirilis pada akhir Juni 2021, dan memperkenalkan dukungan awal untuk prosesor M1 Apple, dukungan untuk modul keamanan Landlock untuk membuat kotak pasir keamanan yang aman untuk mengurangi dampak keamanan dari berbagai kelemahan dalam aplikasi ruang pengguna, serta kemampuan untuk menangani kunci tepercaya ASN.1.

Ini juga dilengkapi dengan beberapa fitur bagus untuk pengguna AMD, seperti dukungan awal untuk AMD Seri GPU Radeon “Aldebaran”, dukungan awal FreeSync HDMI untuk GPU AMD, dan dukungan driver untuk GPU AMD NAVI. Selain itu, kernel Linux 5.13 memiliki dukungan untuk Apple’s Magic Mouse 2 dan Amazon’s Luna game controller.

Ini adalah rilis kernel yang bagus dan menyenangkan untuk melihatnya di rilis Ubuntu 21.10 yang akan datang secara default. Namun, karena Linux 5.13 bukan seri LTS (Dukungan Jangka Panjang), itu mungkin akan mencapai akhir masa pakainya sebelum (atau segera setelah) Impish Indri diluncurkan pada 14 Oktober 2021.

Tapi itu seharusnya tidak terlalu mengganggu pengguna mengingat fakta bahwa Ubuntu 21.10 juga bukan rilis LTS, yang berarti akan didukung hanya selama sembilan bulan. Bagaimanapun, tim kernel Ubuntu selalu melacak rilis kernel Linux terbaru, sehingga Anda dapat menginstal yang lebih baru setiap saat.

Minggu depan, pada tanggal 23 September, kami akan dapat mengunduh dan menguji rilis beta dari Ubuntu 21.10 (Impish Indri), yang mungkin akan dikirimkan dengan lingkungan desktop GNOME 41 secara default, serta GCC 11, LLVM 13, dan PHP 8.0, juga sebagai default.

Apakah Anda akan meningkatkan ke Ubuntu 21.10?

Sumber: Google, 9to5linux.com

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: